HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU MUDA YANG BEKERJA

Salma Nikmah Hidayah, NIM: 18107010121 (2023) HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU MUDA YANG BEKERJA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU MUDA YANG BEKERJA)
18107010121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DAN DUKUNGAN SOSIAL SUAMI DENGAN STRES PENGASUHAN PADA IBU MUDA YANG BEKERJA)
18107010121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan psikologis dan dukungan sosial suami dengan stres pengasuhan pada ibu muda yang bekerja. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 64 orang. Alat pengumpul data pada penelitian ini menggunakan 3 skala antara lain Parenting Stress Index (PSI) dengan reliabilitas sebesar 0.883, skala kesejahteraan psikologis dengan reliabilitas sebesar 0.933, dan skala dukungan sosial suami dengan reliabilitas sebesar 0.952. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik insidental sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini berupa analisis regresi berganda untuk hipotesis mayor dan korelasi pearson product moment untuk hipotesis minor. Hasil analisis Uji F dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya variabel kesejahteraan psikologis dan variabel dukungan sosial suami secara simultan memiliki hubungan negatif dengan variabel stres pengasuhan. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecenderungan stres pengasuhan maka kesejahteraan psikologis dan dukungan sosial suami semakin rendah dan begitu pula sebaliknya, semakin rendah kecenderungan stres pengasuhan maka kesejahteraan psikologis dan dukungan sosial suami semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rita Setyani Hadi Sukirno, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial suami, stres pengasuhan, ibu muda, ibu pekerja
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Dec 2023 12:22
Last Modified: 11 Dec 2023 12:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum