PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH DI DUSUN GORANGAN LOR DESA KALISALAK KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Rahma Mafidatis Solikhah, NIM.: 19107020017 (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH DI DUSUN GORANGAN LOR DESA KALISALAK KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH DI DUSUN GORANGAN LOR DESA KALISALAK KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG)
19107020017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH DI DUSUN GORANGAN LOR DESA KALISALAK KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG)
19107020017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sampah masih menjadi sebuah permasalahan baik di perkotaan maupun dipedesaan karena belum adanya penanganan yang maksimal untuk mengurangi jumlah tumpukan sampah disetiap TPA. Bank sampah merupakan salah satu program untuk mengelola sampah yang berasal dari rumah tangga, dimana dari semua jenis sampah yang terpilih kemudian ditabung pada bank sampah dan nantinya dapat menghasilkan nilai ekonomis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak masyarakat yang belum sadar dan kurang peduli dengan keberadaan sampah disekitarnya. Adanya bank sampah ini cukup berpengaruh bagi masyarakat Dusun Gorangan Lor dan mampu merubah sikap masyarakat maupun kondisi lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dan tingkatan partisipasinya dalam program bank sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deksriptif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi dari Cohen dan Uphoff untuk melihat bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam program bank sampah di Dusun Gorangan Lor Desa Kalisalak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Hasil dari penelitian ini adalah partisipasi masyarakat dalam program bank sampah di Dusun Gorangan Lor Desa Kalisalak Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang cukup aktif berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan. Akan tetapi semakin berjalannya waktu tidak semua masyarakat dapat konsisten menjalankan programnya sehingga partisipasi dalam pelaksanaan hingga evaluasi sejauh ini hanya didominasi oleh orang-orang tertentu. Hal tersebut membuktikan bahwa tingkat partisipasi masyarakat berada pada tingkatan sedang yang mana masyarakat yang tergabung dalam bank sampah terjun langsung ke lapangan, namun pada pelaksanaannya msih dijalankan oleh orang- orang tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Saputro M.Si.
Uncontrolled Keywords: partisipasi, bank sampah, Abraham Maslow
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:18
Last Modified: 29 Dec 2023 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62591

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum