PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TERHADAP JASA E-COMMERCE SHOPEE

Nafa Salsabila Santosa, NIM.: 19107020039 (2023) PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TERHADAP JASA E-COMMERCE SHOPEE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TERHADAP JASA E-COMMERCE SHOPEE)
19107020039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TERHADAP JASA E-COMMERCE SHOPEE)
19107020039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesibukan mahasiswa dalam kegiatan kuliah mendorong mereka menggunakan Shopee sebagai solusi untuk kebutuhan hidup. Mahasiswa aktif di Shopee karena keterjangkauan, kemudahan bertransaksi, dan pilihan produk. Kesibukan membuat mereka sensitif terhadap kualitas dan efisiensi, membentuk persepsi terhadap platform. Pemahaman latar belakang ini memberi wawasan pada e-commerce untuk tingkatkan pengalaman belanja, atasi masalah, dan optimalisasi demi kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan mendapatkan responden sebanyak 91 responden dari 18.413 mahasiswa, dihasilkan menggunakan rumus Slovin dengan nilai akurasi sebesar 10%. Penelitian ini fokus pada persepsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga terhadap penggunaan E-commerce shopee. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Form. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis deskriptif digunakan untuk menyajikan informasi statistik tentang data, dan uji asumsi dilakukan untuk memeriksa normalitas dan linieritas data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap e-commerce shopee berhubungan secara signifikan dengan kepuasan penggunaannya. Adanya Jasa E-commerce shopee dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa sebesar 0.467 atau 46.7% dan 53.3% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Dengan nilai interval koefisien sebesar 0.683, dimana hal ini menunjukan adanya tingkat hubungan yang kuat antar kedua variabel. Maka dapat disimpulkan, mahasiswa umumnya merasa puas dengan fitur inovatif dan kemudahan akses yang ditawarkan oleh Shopee. Namun, terdapat konsekuensi negatif seperti konsumerisme berlebihan, risiko kesenjangan sosial, dan dampak lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Napsiah S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kepuasan konsumen; perlindungan konsumen; belanja;, shopee
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:19
Last Modified: 29 Dec 2023 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum