PERBANDINGAN REGRESI ROBUST METODE ESTIMASI-M, ESTIMASI-S, DAN ESTIMASI-MM PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KRIMINALITAS DI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2021

Nini Aulia Sari, NIM.: 18106010045 (2023) PERBANDINGAN REGRESI ROBUST METODE ESTIMASI-M, ESTIMASI-S, DAN ESTIMASI-MM PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KRIMINALITAS DI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN REGRESI ROBUST METODE ESTIMASI-M, ESTIMASI-S, DAN ESTIMASI-MM PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KRIMINALITAS DI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2021)
18106010045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN REGRESI ROBUST METODE ESTIMASI-M, ESTIMASI-S, DAN ESTIMASI-MM PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KRIMINALITAS DI JAWA TENGAH PADA TAHUN 2021)
18106010045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Analisis regresi merupakan analisis statistik yang mempelajari tentang hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Analisis regresi linier dengan metode kuadrat terkecil merupakan metode yang umum digunakan untuk estimasi parameter regresi. Pada data yang mengandung outlier, analisis regresi yang menggunakan metode kuadrat terkecil tidak dapat digunakan dengan baik. Sehingga, digunakan metode estimasi regresi robust. Regresi robust merupakan metode yang digunakan pada analisis regresi dengan prinsip mempertimbangkan keberadan outlier. Pada penelitian ini model regresi robust yang digunakan yaitu estimasi Maximum Likelihood (M), estimasi Scale (S), dan estimasi Method of Moment (MM). Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh model terbaik dalam membentuk model estimasi parameter regresi dengan membandingkan ketiga model regresi robust pada data. Perbandingan metode ini ditinjau dari nilai Residual Standard Error (RSE) dan Mean Square Error (MSE) terkecil serta Adjusted R-square terbesar. Studi kasus dalam penelitian ini tentang faktor-faktor yang memepengaruhi kriminalitas (Y) , dengan variabel jumlah penduduk (X1) , pendidikan 2 (X ) , kemiskinan 3 (X ) , dan pengangguran 4 (X ) berdasarkan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk 35 kabupaten dan kota diamati, estimasi Method of Moment (MM) menghasilkan model yang terbaik dibandingan estimasi yang lain. Hal ini dilihat berdasarkan nilai R2 sebesar 0.5861, nilai RSE sebesar 24.59 dan nilai MSE 225.509.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Epha Diana Supandi, S.Si.,M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Analisis Regresi Robust, Estimasi Regresi Robust, Outlier
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Jan 2024 13:53
Last Modified: 02 Jan 2024 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum