ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE BANKING Livin by Mandiri DAN BRImo

Labib Syakar Al Kumail, NIM: 18106050049 (2023) ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE BANKING Livin by Mandiri DAN BRImo. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE BANKING Livin by Mandiri DAN BRImo)
18106050049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS USABILITY DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE BANKING Livin by Mandiri DAN BRImo)
18106050049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi dan informasi terutama pada internet sangatlah berkembang pesat dan cepat. Perkembangan ini juga turut mempengaruhi transaksi perbankan. Transaksi perbankan banyak dilakukan oleh masyarakat pada era globalisasi ini. Pada dasarnya sebuah aplikasi digunakan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan suatu transaksi. Tetapi tidak semua pengguna yang mengoperasikan aplikasi memperoleh kemudahan. Permasalahan yang sering dirasakan oleh pengguna adalah minimnya informasi yang diberikan aplikasi, kesulitan dalam menggunakan aplikasi dan sebagainya. . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Dalam hal ini, peneliti menggunakan angket yang dapat diakses melalui google form dan disebarkan secara online menggunakan media sosial seperti Whatsapp dan Instagram, yang banyak digunakan oleh pengguna aplikasi Livin by Mandiri dan BRImo Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di ketahui bahwa pengujian Sistem Usability Scale pada aplikasi Livin by Mandiri mendapatkan hasil nilai rata-rata total sebesar 83,3. nilai ini berada pada grade acceptable. Jika dilihat pada aspek adjective ratings nilai ini berada pada grade Good. Sedangkan dari aspek grade scale nilai ini termasuk dalam grade B. Selanjutnya pengujian Sistem Usability Scale pada aplikasi BRImo mendapatkan hasil nilai rata-rata total sebesar 82,2. nilai ini berada pada grade acceptable. Jika dilihat pada aspek adjective ratings nilai ini berada pada grade excellent. Sedangkan dari aspek grade scale nilai ini termasuk dalam grade B. Hal tersebut menunjukkan bahwa usability aplikasi Livin by Mandiri sedikit lebih baik dari pada aplikasi BRImo. Sedangkan analisis user experience aplikasi Livin by Mandiri menunjukkan bahwa aspek user experience aplikasi Livin by Mandiri yang paling baik adalah aspek Novelt dengan mean 4,81, v | selanjutnya aspek Efficiency (4,36), Attractiveness (4,25), Perspicuity (4,16), Stimulation (4,13), dan aspek yang paling rendah yaitu Dependability (3,74). Sedangkan hasil analisis User Experience pada aplikasi BRImo menunjukkan bahwa aspek Perspicuity merupakan aspek yang paling baik dengan mean 1,81. Dilanjutkan dengan Atrractiveness (1,76), Efficiency (1,75), Dependability (1,51), Stimulation (1,40), dan aspek yang paling rendah yaitu Novelty (0,85).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ir. Aulia Faqih Rifa’i M.Kom
Uncontrolled Keywords: Usability , User Experience , System Usability Scale (SUS), User Experience Questionnaire (UEQ) , BRImo, Livin by Mandiri
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 02 Jan 2024 13:56
Last Modified: 02 Jan 2024 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum