Penanaman Nilai-nilai Religiusitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Sleman Yogyakarta

Hendri Sugianto, - and Usman, - (2022) Penanaman Nilai-nilai Religiusitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Penanaman Nilai-nilai Religiusitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 2 Sleman Yogyakarta)
SERTIFIKAT HAKI & NASKAH Penanaman Nilai-nilai Religiusitas Peserta Didik Melalui P.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1703804582.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai rusaknya tatanan nilai moral keagamaan di kalangan remaja baik dilingkungan sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat. Seperti yang terjadi di MAN 2 Sleman dijumpai sebagian peserta didiknya berani melawan gurunya, tidak hormat kepada gurunya, mencoret tembok sekolahan.serta juga dalam pembelajaran SKI yang metodenya dilakukan oleh guru selalu bersifat monoton yakni hanya menggunakan metode ceramah, bercerita sehingga membuat peserta didik cepat bosan didalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran SKI dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman. Untuk mengetahui bagaimana upaya atau strategi yang dilakukan oleh para guru di sekolah maupun guru mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas peserta didik, serta untuk mengetahui bagaimana hasil penanaman nilai-nilai religiusitas peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara mendalam,serta dokumentasi. Sedangakan analisis menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan penanaman nilai-nilai religiusitas peserta didik melalui pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran SKI yaitu dengan cara guru menyiapkan RPP atau tujuan pembelajaran serta menggunakan metode debat aktif, metode peer lesson, dan metode ceramah. 2) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius siswa seperti strategi pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan memberikan perhatian pendidikan dengan hukuman, meneladani para tokoh sejarah. 3) hasil dari strategi penanaman nilai-nilai religius adalah menambah keimanan peserta didik, menumbuhkan ketakwaan peserta didik, peserta didik istiqomah dalam beribadah, menumbuhkan rasa cinta terhadap agamanya, tanggung jawab dan peduli lingkungan, menjadikan peserta didik tawaduk, serta siswa mampu membentengi dirinya dari pengaruh negatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai Religius Peserta didik, Pembelajaran SKI, MAN 2 Sleman, HAKI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
HAKI - Hak Kekayaan Intelektual
Kebudayaan Islam
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:12
Last Modified: 29 Dec 2023 06:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum