NYAI HASYIMAH MUNAWWIR DAN DUNIA PESANTREN (KIPRAHNYA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 1960-1997 M)

Lukman Hakim, NIM.: 16120058 (2022) NYAI HASYIMAH MUNAWWIR DAN DUNIA PESANTREN (KIPRAHNYA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 1960-1997 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NYAI HASYIMAH MUNAWWIR DAN DUNIA PESANTREN (KIPRAHNYA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 1960-1997 M))
16120058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img] Text (NYAI HASYIMAH MUNAWWIR DAN DUNIA PESANTREN (KIPRAHNYA DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN 1960-1997 M))
16120058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang Nyai Hasyimah Munawwir dan kiprahnya di Pondok pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta yang dilakukan pada tahun 1960-1997 M. Ia merupakan seorang tokoh pesantren yang aktif di pesantren dan aktif dalam bidang sosial politik. Pembahasan mengenai Nyai Hasyimah Munawwir menurut peneliti menarik karena prestasi yang dicapai selama menjadi pengurus pondok dan ketua Musmiat NU Cabang Bantul. Berdasarkan uraian tersebut, penting untuk membahas mengenai Bagaimana latar belakang kehidupan Nyai Hasyimah Munawwir, Bagaimana kiprah Nyai Hasyimah Munawwir di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan pendekatan biografi dan sosiologis. Pendekatan biografi digunakan untuk melihat riwayat hidup Nyai Hasyimah dari lahir hingga wafat. Pendekatan sosiologis digunakan peneliti untuk menjelaskan kondisi masyarakat di lingkungan Nyai Hasyimah baik lingkungan Pesantren maupun lingkungan masyarakat. Sementara itu, teori yang digunakan dalam penelitian ini teori peranan sosial Erving Goffman. Peranan sosial adalah salah satu konsep sosial yang paling sentral yang didefinisikan dalam pengertian pola-pola atau norma-norma yang diharapkan dari orang yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nyai Hasyimah merupakan sosok yang cerdas dan gigih ia juga aktif dalam kegiatan bermasyarakat. Sebagai seorang ulama perempuan, Nyai Hasyimah Munawwir tidak hanya berkecimpung di pesantren, ia juga aktif berorganisasi sosial. Ia pernah tercatat sebagai ketua Muslimat NU Cabang Bantul selama dua periode yaitu pada tahun 1950-1960 dan aktif dalam organisasi mubalig perempuan tingkat Propinsi D.I. Yogyakarta. Nyai Hasyimah Munawwir memiliki kiprah nyata di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Dalam bidang pendidikan, ia berhasil mendirikan Pesantren Al-Munawwir komplek putri (komplek N), pendiri asrama putri, penggagas adanya Haul Al-Munawwir, pendiri sekolah Taman Kanak-Kanak. Dalam bidang sosial ia berperan membuat suatu wadah pengajian antara lain pengajian Jum’at Legi dan pengajian Sabtu Wage. Sedangkan dalam bidang kewirausahaan ia berperan mendirikan kantin dan koperasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Syamsul Arifin S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, Nyai Hasyimah Munawwir, Pondok Pesantren
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2024 10:55
Last Modified: 02 Jan 2024 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum