KEPENGURUSAN MASJID RAYA AL FALAH DI KECAMATAN SRAGEN KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH (STUDI HISTORIS TAHUN 1956-2021 M)

Akhirul Khasanah, NIM.: 18101020046 (2022) KEPENGURUSAN MASJID RAYA AL FALAH DI KECAMATAN SRAGEN KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH (STUDI HISTORIS TAHUN 1956-2021 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPENGURUSAN MASJID RAYA AL FALAH DI KECAMATAN SRAGEN KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH (STUDI HISTORIS TAHUN 1956-2021 M))
18101020046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEPENGURUSAN MASJID RAYA AL FALAH DI KECAMATAN SRAGEN KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH (STUDI HISTORIS TAHUN 1956-2021 M))
18101020046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masjid Raya Al-Falah didirikan pada tahun 1956. Awalnya masjid ini bernama Masjid Raya Al Ittihad dan pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab Yayasan Al Ittihad. Pada tahun 1987 terjadi pergantian nama masjid dan kepengurusan masjid. Nama Masjid Raya Al Ittihad diubah menjadi Masjid Raya Al-Falah dan kepengurusan masjid beralih menjadi tanggung jawab Masjid Raya Al Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah terbentuknya kepengurusan Masjid Raya Al-Falah dan menganalisis perubahan kepengurusan Masjid Raya Al-Falah. Rumusan masalah yang dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana latar belakang berdirinya Masjid Raya Al-Falah; (2) Bagaimana kepengurusan Masjid Raya Al-Falah di bawah tanggung jawab Yayasan Al Ittihad; (3) Bagaimana kepengurusan masjid dibawah tanggung jawab Masjid Raya Al Falah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan sosiologi dengan teori institusionalisme yang dikemukakan oleh Robert E. Goodin. Metode yang digunakan yaitu metode sejarah, yang meliputi empat langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini bahwa perkembangan kepengurusan masjid Al Falah mencakup perkembangan pada manajemen, pengelolaan dana, program, dan fasilitas. Manajemen Masjid Raya Al Falah mengalami perkembangan yang sangat baik, bahkan saat ini menjadi contoh untuk masjid-masjid lain yang ada di Kabupaten Sragen dan sekitarnya. Pengelolaan dana di Masjid Raya Al Falah berkembang baik, pemasukan yang awalnya hanya dari infaq jamaah seiring berjalannya waktu pemasukan dana bertambah dari donatur tetap. Masjid Raya Al Falah mampu memberikan fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir yang luas, keamanan 24 jam, tempat ibadah yang bersih dan nyaman. Program-program di Masjid Raya Al Falah mengalami perkembangan yang sangat baik sehingga mampu menarik perhatian jamaah, dari tahun ke tahun jamaah yang mengikuti program di Masjid Raya Al Falah mengalami peningkatan. Beberapa program yang ada di Masjid Raya Al Falah yakni ATM beras untuk kaum dhuafa, kajian rutin baik tahsin, tafsir, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Zuhrotul Latifah. S.Ag. M. Hum
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Perkembangan, Pengurus, Masjid
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Masjid
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:33
Last Modified: 04 Jan 2024 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62663

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum