Dina Zanuarita, NIM.: 07480025 (2011) PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (ENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya motivasi dan keaktifan belajar IPS siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas III A MIN Jejeran Bantul sebelum penerapan strategi bowling kampus. (2). Bagaimana pelaksanaan penerapan strategi bowling kampus pada pembelajaran IPS di kelas III A MIN Jejeran. (3) Seberapa besar peningkatan motivasi dan keaktifan belajar IPS siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul setelah penerapan strategi bowling kampus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, angket motivasi dan keaktifan belajar siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah : (1) Langkah-langkah strategi bowling kampus adalah: a). Pembagian kelompok dan kartu indeks b). Belajar Kelompok c).Pemberian Kuis d). Pemberian Penghargaan. (2) Motivasi belajar siswa meningkat dengan kriteria baik dengan perolehan persentase 73,45% pada pra tindakan naik menjadi 80,60% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II. (3) Keaktifan belajar siswa meningkat dengan perolehan persentase 69,17% pada pra tindakan naik menjadi 77,38% pada siklus I dan 79,05% pada siklus II. div
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bowling Kampus , Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 11:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 11:15 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6270 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |