PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL

Dina Zanuarita, NIM.: 07480025 (2011) PENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ENERAPAN STRATEGI BOWLING KAMPUS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya motivasi dan keaktifan belajar IPS siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas III A MIN Jejeran Bantul sebelum penerapan strategi bowling kampus. (2). Bagaimana pelaksanaan penerapan strategi bowling kampus pada pembelajaran IPS di kelas III A MIN Jejeran. (3) Seberapa besar peningkatan motivasi dan keaktifan belajar IPS siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul setelah penerapan strategi bowling kampus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III A MIN Jejeran Bantul yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi bowling kampus. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, angket motivasi dan keaktifan belajar siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah : (1) Langkah-langkah strategi bowling kampus adalah: a). Pembagian kelompok dan kartu indeks b). Belajar Kelompok c).Pemberian Kuis d). Pemberian Penghargaan. (2) Motivasi belajar siswa meningkat dengan kriteria baik dengan perolehan persentase 73,45% pada pra tindakan naik menjadi 80,60% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II. (3) Keaktifan belajar siswa meningkat dengan perolehan persentase 69,17% pada pra tindakan naik menjadi 77,38% pada siklus I dan 79,05% pada siklus II. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Bowling Kampus , Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 11:14
Last Modified: 03 Nov 2023 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum