AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL UMMU SA’D KARYA GHASSAN KANAFANI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW)

Cut Sri Wahyuni, NIM.: 20201011020 (2022) AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL UMMU SA’D KARYA GHASSAN KANAFANI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL UMMU SA’D KARYA GHASSAN KANAFANI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW))
20201011020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL UMMU SA’D KARYA GHASSAN KANAFANI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA ABRAHAM MASLOW))
20201011020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Ummu Sa’d karya Ghassan Kanafani dalam memenuhi kebutuhan bertingkat berdasarkan pendekatan psikologi sastra. Teori Maslow sangat memperhatikan tentang dimensi manusia dalam berhubungan dengan lingkungannya secara manusiawi dengan menitikberatkan pada kebebasan individu untuk mengungkapkan pendapat dan menentukan pilihannya, nilai-nilai, dan tanggung jawab. Maslow menganggap bahwa seseorang akan merasakan kebahagiaan yang mendalam apabila mencapai tingkatan aktualisasi diri. Maslow melahirkan satu teori dalam humanistiknya yaitu teori motivasi yang disebut hierarchy of need yaitu teori kebutuhan manusia yang disusun secara bertingkat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data novel Ummu Sa’d dan beberapa penelitian sejenis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian yang menonjol dari tokoh utama perempuan bernama Ummu Sa’d dengan keberanian, kuat, sabar, dan tidak mudah putus asa. Kebutuhan bertingkat tokoh utama perempuan novel Ummu Sa’d karya Ghassan Kanafani sudah terpenuhi dengan baik. Kelima kebutuhan bertingkat di antaranya kebutuhan akan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa cinta, kebutuhan akan harga diri dan kebutuhan akan aktualisasi diri telah disampaikan melalui tokoh utama perempuan yaitu Ummu Sa’d. Pada penelitian ini juga terdapat nilai kasih sayang tokoh utama di antaranya; nilai kasih sayang kepada diri sendiri, nilai kasih sayang kepada orang tua/anak, dan nilai kasih sayang kepada saudara/ masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Novel Ummu Sa’d, Ghassan Kanafani, Psikologi Humanistik.
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2024 10:07
Last Modified: 05 Jan 2024 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum