EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL AL-HUB FI ZAMAN AL-NAFTI KARYA NAWAL EL SAADAWI (KAJIAN FEMINISME EKSISTENSIALIS SIMONE DE BEAUVOIR)

Rahma Salbiah, NIM.: 20201012003 (2022) EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL AL-HUB FI ZAMAN AL-NAFTI KARYA NAWAL EL SAADAWI (KAJIAN FEMINISME EKSISTENSIALIS SIMONE DE BEAUVOIR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL AL-ḤUB FĪ ZAMAN AL-NAFTI KARYA NAWAL EL SAADAWI (KAJIAN FEMINISME EKSISTENSIALIS SIMONE DE BEAUVOIR))
20201012003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL AL-ḤUB FĪ ZAMAN AL-NAFTI KARYA NAWAL EL SAADAWI (KAJIAN FEMINISME EKSISTENSIALIS SIMONE DE BEAUVOIR))
20201012003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji novel Al-Ḥub Fī Zaman Al-Nafṭi karya Nawal El Saadawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi eksistensi diri tokoh utama perempuan dalam novel Al-Ḥub Fī Zaman Al-Nafṭi. Tokoh utama perempuan memilih eksistensi diri sebagai bentuk dari kesadaran akan kehidupannya yang tertindas. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menguraikan masalah yang diteliti dengan menggambarkan keadaan objek penelitian sebagaimana adanya secara cermat. Pendekatan feminis eksistensialis Simone de Beauvoir digunakan untuk menganalisis setiap bagian kritik terhadap kaum patriarki dalam novel yang ditulis Nawal El Saadawi tersebut. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa keputusan tokoh utama perempuan yang menjadi arkeolog dalam rangkaian perjalanan hidupnya dalam novel Al-Ḥub Fī Zaman Al- Nafṭi berhasil menghentikan kondisinya sebagai the ‘Other’ atau Liyan. Seorang tokoh utama perempuan dapat eksis dalam kehidupan masyarakat sosial dan bisa bebas dari kungkungan budaya patriarki. Tokoh utama perempuan mampu bekerja untuk meraih transformasi sosial dalam masyarakat. Tokoh utama perempuan mampu menunjukkan keberadaannya sebagai perempuan yang memiliki potensi untuk setara dengan laki-laki. Novel Al-Ḥub Fī Zaman Al-Nafṭi menceritakan perjuangan tokoh utama perempuan dalam mendobrak budaya patriarki berkembang dalam masyarakat. Feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir bertujuan agar perempuan mampu menjadi Subjek atas dirinya sendiri. Temuan ini menjadi suatu kritik terhadap pandangan masyarakat yang masih memosisikan perempuan sebagai manusia kelas nomor dua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Novel Al-Hubb Fi Zaman An-Nafth, Nawal El Saadawi, Feminis Eksistensialis Simone de Beauvoir
Subjects: Kesusastraan Arab
Gender
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jan 2024 10:19
Last Modified: 05 Jan 2024 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum