UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI-IA SMA UII BANGUNTAPAN YOGYAKARTA.

Edi Susanto, NIM.: 06410076 (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI-IA SMA UII BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI-IA SMA UII BANGUNTAPAN YOGYAKARTA.)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI-IA SMA UII BANGUNTAPAN YOGYAKARTA.)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam pendidikan agama islam. Siswa sering kurang siap dalam menerima materi pelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan selama ini pun lebih menekankan pada suatu pengetahuan yang harus dihafal. Dimana guru sebagai salah satu sumber utama pengetahuan tanpa melibatkan pengalaman yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran. Untuk itu, diperlukan sebuah strategi belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan memberdayakan peserta didik yaitu sebuah strategi yang tidak mengharuskan siswa menghafal, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan dalam diri mereka sendiri. Peneliti juga melihat hal tersebut terjadi di SMA UII, sehingga peneliti berkolaborasi dengan guru PAI di SMA UII mencoba menerapkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa kelas XI-IA SMA UII Banguntapan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran PAI dan Bagaiman penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas XI-A di SMA UII Banguntapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus dan dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: (1) Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogakarta dilakukan berdasarkan tujuh prinsip pembelajaran kontekstual yaitu:kotruktivisme, menemukan (inquiry), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. (2) Penerapan pendekatan kontekstual (contektual teaching and learning) dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran PAI kelasa XI-IA SMA UII Banguntapan yaitu adanya peningkatan skor rata-rata 3,7142 dari rata-rata 97,1429 pada siklus I menjadi 100,8571 pada siklus II. Selain pada standar deviasi juga mengalami peningkatan sebesar 6,689 yaitu dari 8,2494 pada siklus I menjadi 14,9389 pada siklus II. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Muh. Fuad
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 11:03
Last Modified: 03 Nov 2023 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum