IMPLEMENTASI PENETAPAN ISTITHAAH KESEHATAN JEMAAH HAJI OLEH DINAS KESEHATAN (DINKES) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Hikmatun Fadilah, NIM.: 19102040046 (2023) IMPLEMENTASI PENETAPAN ISTITHAAH KESEHATAN JEMAAH HAJI OLEH DINAS KESEHATAN (DINKES) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENETAPAN ISTITHAAH KESEHATAN JEMAAH HAJI OLEH DINAS KESEHATAN (DINKES) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENETAPAN ISTITHAAH KESEHATAN JEMAAH HAJI OLEH DINAS KESEHATAN (DINKES) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan atau istithaah menjadi syarat wajib dalam ibadah haji, salah satunya kemampuan dalam hal kesehatan. Profil kesehatan jemaah haji dalam 10 tahun terakhir 60% s/d 67% jemaah tergolong kelompok risti yang membahayakan jemaah dalam menjalankan ibadah haji. Penetapan istithaah menjadi syarat pelunasan BPIH dengan tujuan sebagai persiapan kesehatan jemaah dalam menunaikan ibadahnya sesuai ketentuan ajaran islam. Penetapan istithaah kesehatan jemaah dalam hal ini diatur oleh PMK No.15 Tahun 2016 yang diterapkan juga oleh Dinkes Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada bidang pelayanan kesehatan, tim penyelenggara kesehatan, dan jemaah haji tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinkes Kota Yogyakarta telah melakukan proses penetapan istithaah kesehatan haji sesuai dengan PMK No.15 tahun 2016. Secara keseluruhan jemaah tahun 2022 memenuhi istithaah. Berdasarkan pemeriksaan tahap pertama dengan hasil risti dan non risti melalui pemeriksaan medis dasar, fisik dan penunjang. Pemeriksaan tahap kedua pemeriksaan lanjutan, kognitif, kesehatan mental dan Activity Daily Living. Kemudian penetapan istithaah kesehatan sesuai kategori, memenuhi syarat istithaah, memenuhi syarat dengan pendampingan, tidak memenuhi syarat sementara, dan tidak memenuhi syarat istithaah. Pembinaan dilakukan pada masa tunggu (pra istithaah) dan pembinaan masa keberangkatan (pasca istithaah). Pembinaan berupa kegiatan penyuluhan, konseling, latihan kebugaran, pemanfaatan media massa, penyebarluasan informasi, kunjungan rumah, dan manasik haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penetapan Istithaah, Kesehatan Haji, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2024 11:05
Last Modified: 08 Jan 2024 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum