ANALISIS PENGAWASAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI YOGYAKARTA

Muhammad Nurhakim Allughowi, NIM.: 19102040115 (2023) ANALISIS PENGAWASAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGAWASAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI YOGYAKARTA)
19102040115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGAWASAN PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI YOGYAKARTA)
19102040115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang untuk penelitian ini adalah adanya pengawasan penerapan standar operasional prosedur di Kantor Imigrasi dalam pembuatan paspor. Tujuannya untuk menjaga dan melaksanakan tugas untuk mengawasi datangnya dan perginya suatu warga atau orang dengan memperhatikan serta mengesahkan identitas orang tersebut di saat ingin bepergian ke luar negeri. Dalam hal ini juga, pengawasan penerapan standar operasional prosedur bertujuan untuk mengawasi orang yang datang dari luar negeri kembali lagi ke Indonesia khususnya di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengawasan penerapan standar operasional prosedur dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta mulai dari aspek penetapan standar pelaksanaan, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata, penganalisaan penyimpangan, dan pengambilan tindakan koreksi jika diperlukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengawasan penerapan standar operasional prosedur dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pengawasan penerapan standar operasional prosedur di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta sudah berjalan dengan baik. Pegawai maupun pihak internal Kantor Imigrasi sudah menerapkan standar operasional prosedur dengan semestinya. Hal tersebut dibuktikan dengan aspek-aspek proses pengawasan. Penetapan standar pelaksanaan memiliki proses, tujuan, dan bentuk-bentuk khusus. Cara yang digunakan dalam pengukuran pelaksanaan kegiatan menggunakan metode IKM atau Indeks Kepuasan Masyarakat. Pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata dilakukan sebulan sekali atau pertiga bulan untuk evaluasi akhir. Terdapat penyimpangan yang ditemukan selama pelaksanaan seperti sistem komputerisasi yang eror. Tindakan koreksi yang dilakukan adalah mencatat semua proses pengawasan penerapan standar operasional prosedur dalam pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, SOP, Pembuatan Paspor
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2024 11:14
Last Modified: 08 Jan 2024 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62755

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum