Nining Setiyaningsih, NIM.: 19102050012 (2023) PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PROGRAM KERAJINAN BATIK DI KOMUNITAS DIFABELZONE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PROGRAM KERAJINAN BATIK DI KOMUNITAS DIFABELZONE)
19102050012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PROGRAM KERAJINAN BATIK DI KOMUNITAS DIFABELZONE)
19102050012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan yang diperuntukan bagi penyandang disabilitas di Komunitas Difabelzone Bantul, Yogyakarta. Pemberdaayaan di Komunitas Difabelzone dilakukan dengan memberikan pekerjaan kepada penyandang disabilitas pada sektor kerajinan batik. Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai partisipasi penyandang disabilitas dalam program pemberdayaan, faktor pendukung dan penghambat, serta persepsi penyandang disabilitas terhadap program pemberdayaan di Komunitas Difabelzone. Program pemberdayaan diharapkan dapat membantu penyandang disabilitas untuk lebih sejahtera dalam kehidupannya. Dalam pemberdayaan, partisipasi menjadi hal penting dimana sasaran pemberdayaan harus menjadi subyek tidak hanya menjadi objek pemberdayaan semata. Kelancaran berjalannya suatu program pemberdayaan juga tergantung bagaimana partisipasi dari penyandang disabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan lima orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi penyandang disabilitas dalam program pemberdayaan meliputi (a) partisipasi dalam perencanaan yakni rencana produk yang akan dibuat, penentuan desain motif batik, dan penentuan harga jual produk; (b) partisipasi dalam pelaksanaan yaitu partisipasi dalam kegiatan pameran, mencari peserta kunjungan workshop, dan membangun jaringan pemasaran; dan (c) partisipasi dalam pemanfaatan yaitu partisipasi dalam pemanfaatan keterampilan yang dimiliki. Faktor pendukung dalam melakukan program pemberdayaan diantaranya (a) aksesibilitas fisik yang memadai; (b) antusiasme penyandang disabilitas yang tinggi; dan (c) dukungan dari keluarga dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu (a) kurangnya modal; (b) pemasaran produk; dan (c) kurangnya dukungan dari pemerintah. Adapun persepsi penyandang disabilitas terhadap program pemberdayaan bahwa terdapat jenis persepsi positif yang di dapat untuk diri mereka setelah mengikuti program pemberdayaan yaitu (a) memiliki keterampilan membatik; (b) mendapatkan tambahan penghasilan; (c) menambah pengalaman dan meningkatkan kepercayaan diri; dan (d) dapat bersosialisasi di masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Ro’fah, M.A, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas, Kerajinan Batik |
Subjects: | DISABILITAS Pemberdayaan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 11:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 11:15 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62756 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |