MANAJEMEN STRES MAHASISWA PEKERJA PART TIME STUDI KASUS MAHASISWA PRODI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2019 DAN 2020

Alisa Khotrotun Nada, NIM.: 19102050072 (2023) MANAJEMEN STRES MAHASISWA PEKERJA PART TIME STUDI KASUS MAHASISWA PRODI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2019 DAN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRES MAHASISWA PEKERJA PART TIME STUDI KASUS MAHASISWA PRODI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2019 DAN 2020)
19102050072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRES MAHASISWA PEKERJA PART TIME STUDI KASUS MAHASISWA PRODI ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2019 DAN 2020)
19102050072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Menjadi seorang mahasiswa dituntut untuk bisa melaksanakan pendidikannya dengan baik di perguruan tinggi, dengan menjadi mahasiswa sesorang didorong untuk dapat menumbuhkan pribadi yang multitasking karena dalam prosesnya mahasiswa sudah bukan lagi menjadi siswa sekolah biasa yang di mana segala keperluan dalam pendidikannya sudah diatur sedemikian rupa. Sehingga, dalam hal ini dapat ditemui beberapa kalangan dari mahasiswa yang melaksanakan kegiatan berkuliahnya sembari dengan melakukan pekerjaan part time. Kondisi ini memiliki banyak hal yang melatarbelakangi seorang mahasiswa memilih untuk melakukan beban ganda tersebut. Selain itu, terdapat juga tantangan yang harus dihadapi dalam melakukan aktifitasnya sebagai mahasiswa aktif dan juga pekerja part time. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok permasalahan mengenai : 1) stres yang dialami oleh mahasiswa pekerja part time studi kasus mahasiswa prodi IKS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2) manajemen stres yang dilakukan oleh mahasiswa pekerja part time prodi IKS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan wawancara secara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dari penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria informan yang sesuai dengan topik dalam penelitian. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa program studi ilmu kesejahteraan sosial angkatan 2019 dan 2020 berjumlah 6 (enam) mahasiswa, yang melakukan kegiatan bekerja part time dan juga merasakan stres. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa yang merasakan stres dapat berasal dari beberapa faktor: yaitu lingkungan, organisasi, akademik, maupun lingkungan. Manajemen stres yang dilakukan oleh subjek dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu (identification, management, evaluation) dan dalam mengatasi stresnya dapat ditemukan persamaan maupun perbedaan antar satu dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abidah Muflihati, S. Th.I., M. Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Stres, Mahasiswa, Pekerja Part Time.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jan 2024 15:08
Last Modified: 08 Jan 2024 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum