PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs. NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Eko Arief Nur Adhan Setiyawan, NIM.: 05470063 (2011) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTs. NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS. NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS. NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Akidah Akhlak kelas VIII di MTs. Negeri Tempel Sleman Yogyakarta (2) Untuk mengetahui usaha guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar Akidah akhlak kelas VIII di MTs. Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. objek penelitian adalah Kepala Sekolah, 1 orang Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum, 1 orang pengampu pelajaran Akidah Akhlak, 2 orang pembimbing ekstrakurikulum internet, dan sebagian siswa yang meliputi siswa kelas VIII yang dianggap dapat mewakili keseluruhan populasi dan terdiri dari beberapa kelompok dengan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 38 siswa. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Untuk analisis terhadap data kuantitatif dengan perhitungan persentase menggunakan rumus P = F/N X 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII adalah web enhanced course, yaitu pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas akan tetapi dianggap kuarang efektif karena pelaksanaannya kurang maksimal (2) Faktor pendukung dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa (kemauan siswa yang tinggi, kooperatifnya semua pihak, Ide Dan Kemauan Siswa Dan Guru Yang Saling Mendukung) Faktor penghambat (kurangnya sumber daya manusia, keterbatasan media internet, minimnya fasilitas sekolah, terbatasnya waktu, motivasi kurang, faktor biaya) (3) Usaha guru untuk memotivasi siswa dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Tempel Sleman Yogyakarta termasuk dalam katagori kurang, karena berbagai keterbatasan siswa yang mempunyai kemampuan intelegensi kecerdasan yang sangat beragam, sehingga guru mengalami kesulitan dalam memberikan motivasi. (4) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar (kemampuan guru dalam mengajar, fasilitas sekolah, koordinasi dengan wali murid) Faktor penghambat (minimnya fasilitas sekolah, terbatasnya waktu, jumlah siswa) Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi sekolah untuk lebih meningkatkan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar di MTs. Negeri Tempel Sleman Yogyakarta, serta dengan mempertimbangkan faktor penghambat, saran yang ada, keuntungan setelah menggunakan internet sebagai sumber belajar. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Internet, Sumber Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: Akidah
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Nov 2023 11:00
Last Modified: 03 Nov 2023 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum