ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENYIMPANGAN HAK ASASI MANUSIA OLEH BUPATI NONAKTIF LANGKAT, TERBIT RENCANA PERANGIN-ANGIN PADA MEDIA ONLINE WASPADA.ONLINE DAN TRIBUN-MEDAN.COM (Edisi 28 Januari – 20 Februari 2022)

Mela Tri Wahyuni, NIM.: 18102010001 (2023) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENYIMPANGAN HAK ASASI MANUSIA OLEH BUPATI NONAKTIF LANGKAT, TERBIT RENCANA PERANGIN-ANGIN PADA MEDIA ONLINE WASPADA.ONLINE DAN TRIBUN-MEDAN.COM (Edisi 28 Januari – 20 Februari 2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENYIMPANGAN HAK ASASI MANUSIA OLEH BUPATI NONAKTIF LANGKAT, TERBIT RENCANA PERANGIN-ANGIN PADA MEDIA ONLINE WASPADA.ONLINE DAN TRIBUN-MEDAN.COM (Edisi 28 Januari – 20 Februari 2022))
18102010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENYIMPANGAN HAK ASASI MANUSIA OLEH BUPATI NONAKTIF LANGKAT, TERBIT RENCANA PERANGIN-ANGIN PADA MEDIA ONLINE WASPADA.ONLINE DAN TRIBUN-MEDAN.COM (Edisi 28 Januari – 20 Februari 2022))
18102010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Langkat memiliki julukan Kota Islam, karena mayoritas penduduknya menganut agama Islam, yang juga kental akan budaya keislamannya, serta terdapat bukti peninggalan sejarah berupa Masjid Tua dan terdapat kampung yang menjunjung tinggi sosial keagamaan yang bernama desa Darussalam atau kampung kasih sayang. Namun demikian dengan adanya kasus penyimpangan hak asasi manusia yang dilakukan oleh Bupati Langkat tentu memicu perhatian dan kecaman dari masyarakat Indonesia, khususnya daerah Langkat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriftif dengan memakai analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki. Objek kajiannya adalah berita penyimpangan hak asasi manusia yang di Langkat, sedangkan subjek kajiannya adalah teks berita berjumlah 8 berita, 4 berita dari waspada.online dan 4 berita lainnya dari Tribun-Medan.com edisi 28 Januari -20 Februari 2022. Peneliti mengambil kesimpulan dari masing-masing analisis bahwa Langkat sebagai daerah melayu yang kental sosial keagamaan, turut tidak dapat terhindar dari perbuatan tercela yaitu kasus perbudakan serta penyimpangan hak asasi manusia. Sebagai media massa yang menyampaikan pemberitaan kepada masyarakat tentu Waspada.online menonjolkan kritik dengan penulisan berita yang tegas kepada pemerintah Langkat. Sedangkan Tribun-Medan.com condong menonjolkan frame humanisme dalam pemberitaannya untuk menarik simpati para pembaca hal itu dilakukan untuk upaya keadilan pada para korban untuk menerapkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saptoni, M.A.
Uncontrolled Keywords: pemberitaan; framing; waspada online; HAM
Subjects: Penyiaran Islam
HAK ASASI MANUSIA
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Jan 2024 15:03
Last Modified: 08 Jan 2024 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum