PEMANFAATAN SHOPEEFOOD UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KALURAHAN MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA

Septina Rohmah, NIM.: 18102030008 (2023) PEMANFAATAN SHOPEEFOOD UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KALURAHAN MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN SHOPEEFOOD UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KALURAHAN MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN SHOPEEFOOD UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MAKANAN DI KALURAHAN MAGUWOHARJO, SLEMAN, YOGYAKARTA)
18102030008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan UMKM merupakan langkah awal untuk membangun kemandirian dalam menanggulangi kemiskinan serta mampu menciptakan lapangan perkerjaan. UMKM dapat tumbuh menjadi sektor yang tangguh dan berdaya saing. Dengan memperkuat UMKM, kita dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi disparitas ekonomi, dan mendorong kemakmuran bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Munculnya pandemi mengakibatkan UMKM mengalami penurunan baik pendapatan atau pun pelanggan. Hal ini ditandai dengan dibatasinya pergerakan masyarakat di luar rumah sehingga merubah gaya hidup masyarakat dari offline ke online. ShopeeFood muncul sebagai e-commerce yang memudahkan baik konsumen ataupun pelaku UMKM untuk membantu meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan ShopeeFood pada Peningkatan Pendapatan UMKM Makanan di Kalurahan Maguwoharjo. Adapun penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM baik karyawan atau pemilik langsung. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ShopeeFood dapat membantu UMKM dalam meningkatkan pendapatan, selain itu dapat meningkatkan popularitas serta memudahkan dalam pemasaran dan promosi penjualan. ShopeeFood membantu UMKM menjangkau konsumen lebih luas sehingga mampu meningkatkan popularitas UMKM yang berimbas pada meningkatnya pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemmbimbing: Siti Aminah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: UMKM; peningkatan pendapatan; ShopeeFood
Subjects: Ekonomi > Mikroekonomi
Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2024 10:48
Last Modified: 10 Jan 2024 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum