MEDIA SOSIAL DAN KONSTRUKSI GOOD-LOOKING DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Elsa Namira, NIM.: 19107020005 (2023) MEDIA SOSIAL DAN KONSTRUKSI GOOD-LOOKING DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA SOSIAL DAN KONSTRUKSI GOOD-LOOKING DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19107020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIA SOSIAL DAN KONSTRUKSI GOOD-LOOKING DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19107020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membuktian bahwa media sosial sedikit banyak memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia. Dengan adanya media sosial masyarakat dapat dengan mudah mengakses suatu informasi dan komunikasi. Media sosial Tik-tok merupakan salah satu dari sekian media sosial yang belakangan ini banyak di gandrungi oleh berbagai kalangan terutama anak muda. Banyaknya peminat pada media sosial Tik-tok, membuat media sosial ini memiliki jangkauan yang cukup luas. Sehingga tak sedikit orang yang menggunakan media sosial ini untuk mengiring berbagai opini, salah satunya opini mengenai standar Good-looking. Mahasiswa merupakan seorang yang memiliki tuntutan untuk bisa aktif dan percaya diri untuk tampil di depan publik. Keaktifan dan kepercaya dirian tersebut dapat ditunjang salah satunya dengan penampilan enak di lihat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mengenai konstruksi Good-looking yang terjadi di media sosial tiktok dan problematika apa yang ditimbulkan dari adanya konstruksi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Konstruksi Sosial Peter L Berger dan Thomas Luckman. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan media sosial tiktok merupakan wadah masyarakat untuk bisa saling berinteraksi sehingga terjadilah pertukaran pemikiran yang mengakibatkan terkonstruknya standar ideal Good-looking. Dari adanya konstruksi tersebut menimbulkan suatu realitas seperti perubahan sudut pandang mahasiswa. Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menyepakati bahwa menjadi seorang yang Good-looking merupakan suatu hal yang penting. Terdapat beberapa problematika yang dihadapi mahasiswa, akibat adanya standar ideal ini, seperti kesenjangan sosial (circle), ketidak percaya dirian, dan perbedaan perlakuan. Hal tersebut sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Peter L Berger dan Thomas Luckman dalam teori Konstruksi Sosial. Dalam teori tersebut Peter L Berger membedakan realitas sosial menjadi tiga yaitu, realitas sosial subjektif, simbolik, dan obyektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dwi Nur Laela Fitriya, S.IP., M.A.
Uncontrolled Keywords: Media sosial TikTok, Good Looking, Problematika Sosial
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jan 2024 14:09
Last Modified: 10 Jan 2024 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum