BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF DEVELOPMENT ANAK TUNARUNGU DI SLB-B PERTIWI PONOROGO

Izzha Amalia Dewi, NIM.:19102020003 (2023) BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF DEVELOPMENT ANAK TUNARUNGU DI SLB-B PERTIWI PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF DEVELOPMENT ANAK TUNARUNGU DI SLB-B PERTIWI PONOROGO)
19102020003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF DEVELOPMENT ANAK TUNARUNGU DI SLB-B PERTIWI PONOROGO)
19102020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya untuk membantu meningkatkan self development (pengembangan diri) yaitu menggunakan bimbingan klasikal. Self development anak tunarungu sangatlah dibutuhkan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal sehingga anak mendapatkan bekal untuk masa depannya. Penelitian ini dilakukan di SLB-B Pertiwi Ponorogo Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan metode bimbingan klasikal untuk meningkatkan self development anak tunarungu di SLB-B Pertiwi Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak tunarungu. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam metode yaitu, metode ceramah/tanya jawab, latihan, pemberian tugas, metode home-room, diskusi kelompok dan cinema theraphy. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan pengembangan anak menjadi lebih baik yang dibuktikan dalam 8 aspek yaitu aspek fisik, aspek intelegensi, aspek emosi, aspek bahasa, aspek sosial, aspek kepribadian, aspek moral, dan aspek kesadaran beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ferra Puspito Sari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: classical guidance; self-development; deaf child; metode Hoome-room
Subjects: Bimbingan Konseling
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2024 14:39
Last Modified: 10 Jan 2024 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum