BEKAL KEMANDIRIAN ODGJ MELALUI PROGRAM EKSPEDITOR TEAM (Studi Fenomenologi pada Warga Binaan di BRSBKL Unit Laras, Dinas Sosial DIY)

Khairatun Hisan Jadmiko, NIM.: 19102020005 (2023) BEKAL KEMANDIRIAN ODGJ MELALUI PROGRAM EKSPEDITOR TEAM (Studi Fenomenologi pada Warga Binaan di BRSBKL Unit Laras, Dinas Sosial DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BEKAL KEMANDIRIAN ODGJ MELALUI PROGRAM EKSPEDITOR TEAM (Studi Fenomenologi pada Warga Binaan di BRSBKL Unit Laras, Dinas Sosial DIY))
19102020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BEKAL KEMANDIRIAN ODGJ MELALUI PROGRAM EKSPEDITOR TEAM (Studi Fenomenologi pada Warga Binaan di BRSBKL Unit Laras, Dinas Sosial DIY))
19102020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) memiliki suatu kelainan kepribadian dan sosial mereka cenderung kehilangan kemampuan dalam mengarahkan dirinya sendiri sehingga membuat apapun yang terjadi pada dirinya hanya bergantung kepada bantuan dari orang lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu ODGJ tersebut ialah memberikan bekal kemandirian pada dirinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aspek kemandirian ODGJ melalui program ekspeditor team di BRSBKL Unit Laras Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan metode pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak enam orang meliputi satu pekerja sosial, dua orang seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial (PRS), satu orang pramu sosial, dan dua orang warga binaan yang sedang atau pernah bergabung dalam program ekspeditor team di BRSBKL Unit Laras Yogyakarta. Teknik analisis data dengan reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek kemandirian. Aspek pertama yaitu fisik, pada aspek ini ditandai dengan individu mampu merawat dirinya serta menolong individu lain dalam activity daily living (ADL). Aspek yang kedua yaitu emosional, pada aspek ini ditandai dengan individu mampu dalam mengekspresikan emosi positif dan negatifnya, serta mengkontrol emosinya. Aspek terakhir yaitu sosial, pada aspek ini ditandai dengan individu dapat berinteraksi dengan baik di lingkungannya. Bekal kemandirian dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku kemandirian ODGJ menjadi lebih baik yaitu dapat dilihat melalui ketiga aspek kemandirian tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Fitriyani Hardi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: ekspeditor team; ODGJ; emosional; rehabilitasi
Subjects: Masalah Sosial
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2024 14:48
Last Modified: 10 Jan 2024 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum