Vivin Mualifah, NIM.: 18104030061 (2023) PENERAPAN PERMAINAN GOBAK SODOR DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI DUSUN BRAJAN PLERET. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENERAPAN PERMAINAN GOBAK SODOR DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI DUSUN BRAJAN PLERET)
18104030061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (PENERAPAN PERMAINAN GOBAK SODOR DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI DUSUN BRAJAN PLERET)
18104030061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Permainan tradisional gobak sodor dapat merangsang anak untuk melakukan interaksi sosial. permainan tradisional gobak sodor tidak hanya dapat memberikan rasa senang saja, namun dapat dijadikan sebagai sarana belajar anak dalam bersosialisasi dan bertoleransi. Penelitan ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan permaianan gobak sodor. (2) Untuk mengetahui bagaimana dampak permainan gobak sodor terhadap perkembangan sosial anak. (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan permaianan gobak sodor dalam mengoptimalkan perkembangan sosial anak di dusun Brajan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian Kepala Dusun, Orang Tua, dan Anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi data. Memberikan stimulasi dengan media permainan tradisional gobak sodor, dapat mengoptimalkan perkembangan sosial anak dengan baik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan permainan gobak sodor di dusun Brajan dilakukan melalui 3 tahap yaitu, persiapan, permainan berlangsung, dan penutup. 7 dari 8 respon anak tentang permainan gobak sodor membuktikan bahwa anak masih antusias dan menikmati permainan tradisional gobak sodor. (2) Penerapan permainan gobak sodor dapat memberikan banyak sekali dampak positif pada aspek perkembangan sosial anak, yaitu anak dapat bermain dan berkomunikasi dengan teman sebayanya. (3) Adapun faktor penghambat penerapan permainan gobak sodor dalam mengoptimalkan aspek perkembangan sosial anak adalah faktor keluarga/orang tua, faktor lingkungan, dan faktor metode pembelajaran. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesadaran orang tua, memberikan kesempatan kepada anak, dan penerimaan lingkungan terhadap anak. Impilikasi penelitian ini adalah terbukti bahwa perkembangan sosial anak dapat terstimulasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof.Dr. Sigit Purnama, S.Pd.,M.P |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini, Permainan Gobak Sodor |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 10:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 10:57 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62878 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |