STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TERDETEKSI HIPERAKTIF DI TK KKLKMD AMONG PUTRO PALBAPANG BANTUL

Restu Windy Saputri, NIM.: 18104030064 (2023) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TERDETEKSI HIPERAKTIF DI TK KKLKMD AMONG PUTRO PALBAPANG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TERDETEKSI HIPERAKTIF DI TK KKLKMD AMONG PUTRO PALBAPANG BANTUL)
18104030064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK TERDETEKSI HIPERAKTIF DI TK KKLKMD AMONG PUTRO PALBAPANG BANTUL)
18104030064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hiperaktif merupakan suatu gangguan pada seseorang yang identik dengan banyak melakukan gerakan yang berlebih. Anak yang terdiagnosa hiperaktivitas biasanya mendapatkan layanan pendidikan dan penanganan khusus baik di sekolah luar biasa, ataupun di sekolah inklusi. Namun apabila anak belum terdiagnosa memiliki gangguan tersebut, mereka akan masuk di sekolah umum. Peran guru dalam hal ini menjadi sangat penting untuk mengindentifikasi kecenderungan-kecenderungan hiperaktif dan merancang pembelajaran yang dapat meminimalisir dampak dari kecenderungan tersebut. Penelitian ini terfokus pada strategi guru dalam pengembangan motorik halus pada anak terdeteksi hiperaktif, di TK KKLKMD Among Putro ini menunjukkan bahwa terdapat dua peserta didik yang bisa dikatakan terdeteksi hiperaktivitas, hal ini ditinjau setelah melakukan test skrining melalui SDIDTK untuk mendeteksi terjadinya hiperaktif. Guru juga memiliki strategi tersendiri dalam pengembangan motorik halus pada anak terdeteksi hiperaktif tersebut, agar pengembangan motorik halus dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan cara kondensasi data, display data dan menyimpulkan. Kredibilitas data akan diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengembangan motorik halus pada anak terdeteksi hiperaktif di TK KKLKMD Among Putro Palbapang Bantul ialah (1) strategi pembiasaan, (2) strategi menciptakan pembelajaran yang inovatif, memotivasi, dan menyenangkan, melalui kegiatan motorik halus: batu warna abjad, finger painting, memasak, puzzle, meronce, dan bermain plastisin, (3) strategi penataan duduk, (4) strategi dengan memberi peraturan yang jelas. Selain itu juga terdapat perkembangan motorik halus pada anak terdeteksi hiperaktif serta kendala dan solusi guru dalam pengembangan motorik halus pada anak terdeteksi hiperaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hibana Yusuf, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Motorik Halus, Anak Terdeteksi Hiperaktif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 10:59
Last Modified: 11 Jan 2024 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum