PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MORFOLOGI PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMA/MA

Zumrotus Sangadah, NIM.: 18106080009 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MORFOLOGI PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MORFOLOGI PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMA/MA)
18106080009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MORFOLOGI PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea) SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA SMA/MA)
18106080009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi morfologi penyu lekang (Lepidochelys olivacea), mengetahui pengembangan video animasi morfologi penyu lekang dan mengetahui kelayakan penggunaan media video animasi morfologi penyu lekang sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap pengembangan saja. Hasil penelitian identifikasi morfologi penyu lekang terdiri dari kepala, karapas, plastron, sirip dan ekor. Hasil akhir berupa video animasi morfologi penyu lekang yang dinilai oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 5 peer reviewer dan 1 guru biologi. Uji terbatas dilakukan oleh 32 siswa kelas X MAN 2 Kebumen. Hasil penilaian oleh ahli materi menunjukkan bahwa video animasi morfologi penyu lekang termasuk dalam kategori sangat layak dengan presentase 87,5 %, oleh ahli media termsuk kategori sangat layak dengan presentase 81,9 %, oleh peer reviewer termasuk kategori sangat layak dengan presentase 97,2 %, oleh guru biologi termasuk kategori sangat layak dengan presentase 97,5 % dan oleh siswa termasuk kategori layak dengan presentase 84,9 %. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa video animasi morfologi penyu lekang (Lepidochelys olivacea) layak digunakan sebagai media belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I.,M.Si,
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Penyu Lekang, Media Pembelajaran, Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 11:50
Last Modified: 11 Jan 2024 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum