POLA KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI TAYANGAN VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DI KELAS II SD N GETAS II PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024

Sa’adatul Ula, NIM.: 19104010047 (2023) POLA KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI TAYANGAN VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DI KELAS II SD N GETAS II PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI TAYANGAN VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DI KELAS II SD N GETAS II PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI TAYANGAN VIDEO ANIMASI NUSSA DAN RARA DI KELAS II SD N GETAS II PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2023/2024)
19104010047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya komunikasi bagi sesama manusia dan berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Latar belakang dari keluarga yang bermacam-macam antar peserta didik tentu menyebabkan adanya perbedaan pola komunikasi yang telah diterapkan dalam kehidupan kesehariannya. Adanya komunikasi yang tidak sehat antar satu sama lain dapat menyebabkan kegiatan proses pembelajaran menjadi terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi pada peserta didik dengan teman sebaya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui tayangan video animasi Nussa dan Rara di kelas II SD N Getas II Playen, Gunungkidul Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode (teknik). Teknik analisis data menggunakan teori dari Milles & Huberman yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola komunikasi peserta didik dengan teman sebaya di kelas II SD N Getas II sebelum menggunakan video animasi Nussa dan rara tergolong masih rendah. Adanya permasalahan tersebut memerlukan tindak lanjut dari guru guna menanamkan dan membangun pola komunikasi yang baik untuk peserta didik. Komunikasi yang tidak baik yang terjadi pada peserta didik dengan teman sebaya menjadi sebuah hambatan dalam proses kegiatan pembelajaran sehingga menjadi tidak efektif. 2) Penggunaan video animasi Nussa dan Rara dapat membantu peserta didik dalam memahami bagaimana komunikasi yang baik serta meningkatkan kesadaran dalam diri peserta didik dalam berkomunikasi dengan teman sebaya. Hal ini menjadikan pola komunikasi yang terjalin antar peserta didik dengan teman sebaya di kelas dapat lebih terkontrol dan tidak mengganggu proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan video animasi Nussa dan Rara juga memberikan suasana pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan sehingga dapat membangun semangat dan antusias peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Pembelajaran PAI, Animasi Nussa dan Rara
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 12:04
Last Modified: 11 Jan 2024 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum