PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN TINGGAL DENGAN ORANGTUA) DI MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA

Maulida Maziatul Ulya, NIM.: 19102020035 (2023) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN TINGGAL DENGAN ORANGTUA) DI MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN TINGGAL DENGAN ORANGTUA) DI MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA)
19102020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL (TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN TINGGAL DENGAN ORANGTUA) DI MAN 3 BANTUL YOGYAKARTA)
19102020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam diri manusia guna meningkatkan kualitas hidup, untuk itu diperlukannya motivasi belajar yang tinggi dan dukungan dari berbagai pihak sebagai bentuk peran dalam proses pembelajaran di kelas. Lingkungan tempat tinggal memiliki pengaruh terhadap perkembangan psikologsi anak, karena besarnya pengaruh yang tidak nampak dan tidak langsung tersebut maka lingkungan disebut sebagai pendidik yang tersembunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari tempat tinggal (tinggal di pondok pesantren dan siswa tinggal dengan orangtua) di MAN 3 Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan dengan pendekatan komparatif merupakan penelitian dengan membandingkan keberadaan satu variabel dengan dua sampel yang berbeda. Skala motivasi belajar yang digunakan terdiri dari 28 aitem. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas X, dengan jumlah subjek 118. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji t dengan bantuan IBM SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan levene’s test didapatkan nilai signifikansi 0,477 lebih besar daripada ɑ dengan 0,05 dapat disimpulkan bahwa gagal menolak Hо. Syarat pengambilan keputusan selanjutnya yaitu dilihat dengan t test equal variances assumed yaitu sebesar 0,009. Nilai 0,009 ini perlu dibagi dua karena penulis menggunakan uji dua sisi. Jika 0,009 dibagi dua nilainya adalah sebesar 0,0045 lebih kecil dari 0,025 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hо ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal dengan orangtua. Dengan alternatif H¹ diterima yaitu dilihat dengan nilai rata-rata siswa yang tinggal dengan orangtua lebih besar daripada nilai rata-rata siswa yang tinggal di pondok pesantren. siswa yang tinggal dengan orangtua nilai mean 83,57 dan nilai mean siswa yang tinggal di pondok pesantren 79,29 dengan demikian motivasi belajar siswa yang tinggal dengan orangtua lebih unggul daripada siswa yang tinggal dipondok pesantren. Dengan demikian hipotesis diterima adanya perbedaan motivasi belajar siswa tinggal di pondok pesantren dan siswa tinggal dengan orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Fitriyani Hardi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: learning motivation; place to live; Islamic boarding school
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jan 2024 13:35
Last Modified: 11 Jan 2024 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum