STRATEGI REVITALISASI WISATA MALIRAN DEER FEEDING SEBAGAI KAWASAN WISATA KESAMBI TREES PARK DESA MALIRAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR

Nurul Indah Dwi Lestari, NIM.: 19102030005 (2023) STRATEGI REVITALISASI WISATA MALIRAN DEER FEEDING SEBAGAI KAWASAN WISATA KESAMBI TREES PARK DESA MALIRAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI REVITALISASI WISATA MALIRAN DEER FEEDING SEBAGAI KAWASAN WISATA KESAMBI TREES PARK DESA MALIRAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR)
19102030005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI REVITALISASI WISATA MALIRAN DEER FEEDING SEBAGAI KAWASAN WISATA KESAMBI TREES PARK DESA MALIRAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR)
19102030005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan negara. Keindahan pariwisata di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga pemerintah Kabupaten Blitar mulai gencar dalam mengembangkan sektor pariwisata. Namun, sebuah wisata juga rentan akan kemundurannya, sehingga wisata menjadi sepi atau kurang menarik minat wisatawan. Sehingga penelitian ini difokuskan pada Strategi Revitalisasi Wisata Maliran Deer Feeding Sebagai Kawasan Wisata Kesambi Tress Park, guna mengetahui strategi yang telah digunakan pengelola dalam mengelola wisata yang telah mengalami kemunduran dan hasil yang didapat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi revitalisasi kawasan wisata Kesambi Trees Park. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik interaktif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan merupakan data yang sudah valid dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam analisisnya penelitian ini menggunakan analisis SWOT(strength, weakness, opportunity, threat). Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi revitalisasi wisata maliran deer feeding telah melalui beberapa tahapan revitalisasi, yaitu tahap intervensi fisik, rehabilitasi ekonomi dan revitalisasi sosial. Selain tahapan tersebut pengelola juga melakukan beberapa langkah tindakan, yaitu mengidentifikasi peluang dan kendala dengan menggunakan analisis SWOT, menetapkan tujuan dan sasaran pembangunan, dan menentukan serangkaian langkah tindakan. Hasil dari dilakukannya strategi revitalisasi berhasil merubah wisata maliran deer feeding yang semula hanya penangkaran rusa menjadi kawasan wisata kesambi tress park yang diminati oleh pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: evitalization of tourism area, revitalization strategy, kesambi tress park tourism area.
Subjects: Pariwisata
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jan 2024 14:15
Last Modified: 11 Jan 2024 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum