INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MTS MA’ARIF AL-FIKRI, SUKOHARJO, WONOSOBO

Wanto, NIM.: 19104010125 (2023) INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MTS MA’ARIF AL-FIKRI, SUKOHARJO, WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MTS MA’ARIF AL-FIKRI, SUKOHARJO, WONOSOBO)
19104010125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI GURU DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI MTS MA’ARIF AL-FIKRI, SUKOHARJO, WONOSOBO)
19104010125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pengaruh yang ditimbulkan oleh interaksi dari segi perilaku dan kepribadian guru PAI dalam proses pembelajaran di MTs Ma’arif Al-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo, bahwasannya tingkat motivasi belajar dan prestasi siswa salah satunya sangat dipengaruhi oleh perilaku guru, mengenai guru tersebut ketika mengajar di kelas, perlakuan guru terhadap setiap siswanya, dan kemampuan guru untuk dapat memberikan contoh yang baik terhadap siswanya. Dalam realita proses pembelajaran terkadang ketika perilaku seorang guru ini baik terhadap siswanya dalam suatu proses pembelajaran maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa pun ikut meningkat, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini bertempat di MTs Ma’arif Al-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Interaksi antara guru PAI dengan siswa bisa dikatakan sudah baik dan benar. Interaksi guru PAI dengan siswa termasuk kedalam pola interaksi multi arah. Guru PAI juga memiliki perilaku dan kepribadian yang baik, seperti baik hati penyayang, ramah, suka menolong disiplin dan lain sebagainya. Siswa-siswi MTs Ma’arif AL-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo berpendapat bahwa guru PAI memiliki perilaku yang baik dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Dampak yang ditimbulkan dari interaksi guru PAI dengan siswa dalam proses pembelajaran di MTs Ma’arif AL-Fikri, Sukoharjo, Wonosobo yaitu, memberikan rasa senang dan nyaman ketika siswa diajar oleh guru PAI, dan juga meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Perilaku, Kepribadian, Guru PAI, Proses Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 14:59
Last Modified: 11 Jan 2024 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum