PROGRAM TAKHASSUS PENGEMBANGAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA

Rofiatus Sa’adah, NIM.: 19104020017 (2023) PROGRAM TAKHASSUS PENGEMBANGAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM TAKHA ṢṢ U Ṣ PENGEMBANGAN BAHASA ARAB DI M ADRASAH I BTIDAIBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA)
19104020017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM TAKHA ṢṢ U Ṣ PENGEMBANGAN BAHASA ARAB DI M ADRASAH I BTIDAIBTIDAIYAH WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA)
19104020017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Program Takhassus pengembangan bahasa Arab di MI Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta ialah berupa madrasah diniyah kitab kuning sebagai wadah bagi siswa yang ingin mendalami ilmu agama serta bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Takha ṣṣ u ṣ madrasah diniyah kitab kuning, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya, serta kelebihan dan kekurangan dari program Takha ṣṣ u ṣ madrasah diniyah kitab kuning. Penelitian ini termasuk kedalam penelitan lapangan dan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data didapat dari k kepala MI Wahid Hasyim, tiga guru madin dan koordinator Takha ṣṣ u ṣṣ, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kegiatan madin kitab kuning yang diikuti oleh seluruh santri Takha ṣṣ u ṣ dilak sanak an pada setiap hari kamis pukul 16.00 17.00 WIB menggunakan kitab Safīnah an najā dengan metode pembelajaran Alfāti ḥ . 2) Faktor pendukung dan penghambat program madin kitab kuning ialah sebagai berikut: faktor pendukung; Semangat anak dalam mmempelajari hhal bbaru, l lingkungan dan ffasilitas yang mendukung serta pada m metode ppembelajaran yang interaktif. Fakt or penghambat; kesulitan anak dalam manajemen waktu, kurangnya konsentrasi dan fokus siswa ketika mendekati istirahat dan kurangnya sumber daya manusia 3) Adapun kelebihan dan kekurangan program madin kitab kuning ialah sebagai berikut: Kelebihan; Metode Alfātiḥ yang interaktif. Kekurangan; Manajemen madin belum terorganisir dengan jelas, metode pengajaran guru yang monoton, silabus yang belum tersusun dan bahan ajar yang belum disesuaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Kitab Kuning, Pembelajaran, Pengembangan, Program Takhassus
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 15:13
Last Modified: 11 Jan 2024 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum