PENGARUH MODEL GAME INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA'ARIF DIPONEGORO GUWOSARI BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Al Rofiq, NIM.: 19104020035 (2023) PENGARUH MODEL GAME INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA'ARIF DIPONEGORO GUWOSARI BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL GAME INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA'ARIF DIPONEGORO GUWOSARI BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL GAME INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MA'ARIF DIPONEGORO GUWOSARI BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model game interaktif terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Diponegoro Guwosari Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ekspriment dengan menggunakan jenis penelitian Pre Eksprimental One Group Pretest-Postest Design, metode ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dengan rancangan tes awal dan tes akhir pada satu kelompok . Populasi pada penelitian ini adalah Seluruh Siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Diponegoro Guwosari yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis sampel (Non Probability sampling) dengan teknik Sampling Jenuh dimana semua anggota dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, dokumen, wawancara, tes awal dan tes akhir. Pengkajian instrumen menggunakan Uji Validasi dan Reabilitasi. Analisis dengan menggunakan statistik non-parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signed Rank Tes dengan bantuan aplikasi SPSS versi25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengukuran Pre-Test diperoleh rata-rata sebesar 59.7, Post-Test sebesar 85.4 dan rata-rata keseluruhan 72.8 dengan nila i peningkatan sebesar 25.7 25.7. Uji Hipotesis diperoleh nilai Z = -3.953 dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) = .000 < 0.05. Hal ini berdasarkan hasil pengujian tes awal yang dilakukan sebelum penggunaan model Game Interaktif dan setelah penggunaan model Game Interaktif. artinya Terdapat pengaruh model Game Interaktif terhadap peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Diponegoro Guwosari Bantul Tahun Ajaran 2022/2023, sehingga “Ho ditolak dan Ha diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Game Interaktif, Kosakata, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:09
Last Modified: 12 Jan 2024 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum