STUDI MORFOLOGI-SINTAKSIS JAMʻ AT-TAKSĪR DALAM QS. AL-KAHFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Afif Naufal Andrean Yuristira, NIM.: 19104020071 (2023) STUDI MORFOLOGI-SINTAKSIS JAMʻ AT-TAKSĪR DALAM QS. AL-KAHFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI MORFOLOGI-SINTAKSIS JAMʻ AT-TAKSĪR DALAM QS. AL-KAHFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
19104020071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI MORFOLOGI-SINTAKSIS JAMʻ AT-TAKSĪR DALAM QS. AL-KAHFI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
19104020071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola jamak taksir dalam surah al-Kahfi serta metode pembelajaran yang relevan terhadap materi yang disajikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan data penelitian ini diperoleh melalui library research. Objek penelitian ini adalah Jamaʻ taksīr yang terkandung dalam sūrah al-Kahfi. Sumber primer dalam penelitian ini adalah Al-Quran sūrah al-Kahfi sedangkan sumber skunder ialah kitab Jamīʻ ad-Durūs al-‘Arabiyyah serta buku maupun kitab yang berkaitan dengan bahasa Arab dan metode pembelajaran sebagai pendukung. Metode pengumpulan data yakni dokumentasi. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yakni melalui empat tahap antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan atau verifikasi. Berdasarkan kajian, menunjukkan bahwa dalam QS.Al-Kahfi terdapat 26 jamak taksir, yakni 8 berpola أ ف ع ا ل , 1 berwazan ف ع ل ة , 3 berwazan ف ع و ل , 2 berpola أ ف ع ل ة , 1 berpola أ ف ا ع ل , 1 berwazan ف ع ا ئ ل , 1 berwazan ف ع ل , 3 berpola ف ع ا ل , 1 berpola أ ف ع ل ء , 1 berpola ف ع لا ء , 2 berpola ف عل , 1 berpola ف ع ل , 1 berwazan م ف ا ع ي ل . Metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi tersebut adalah metode deduktif, pasalnya materi ini merupakan materi ilmu nahwu kelas lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Jamʻ At-Taksīi, Surah al-Kahfi, Metode Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:23
Last Modified: 12 Jan 2024 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum