IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA DINI KELOMPOK A2 DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN

Zulfa Amalia Fatin, NIM.: 19104030037 (2023) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA DINI KELOMPOK A2 DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA DINI KELOMPOK A2 DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN)
19104030037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ANAK USIA DINI KELOMPOK A2 DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU SALSABILA AL-MUTHI’IN)
19104030037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permainan tradisional tentunya berasal diri rakyat lokal contohnya permainan engklek. Permainan tradisional engklek ini nyatanya sudah men-galami pergeseran budaya yang dimana permainan engklek mulai ditinggal-kan. Fenomena lain adalah minimnya pemanfaatan permainan engklek un-tuk pendidikan karakter yang dimana permainan tradisional engklek ini dapat meningkatkan nilai karakter yang esensial berupa tanggung jawab, ketelitian, kepercayaan diri. Dalam skripsi ini memiliki tujuan yang dian-taranya: (1) untuk mengetahui cara meningkatkan minat pada anak-anak kelompok A2 di TKIT Salsabila Al-muthi’in terhadap permainan tradisional engklek, (2) untuk mengetahui karakter yang terkandung dalam permainan tradisional engklek, dan (3) untuk mengetahui penerapan permainan tradisional engklek dalam meningkatkan karakter pada anak-anak kelompok A2 di TKIT Terpadu Salsabila Al-Muthi’in. Pada penelitian ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah anak-anak kelas A2, dua guru kelas A2, dan kepala sekolah TKIT Salsabila Al-Muthi’in. teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi.uji keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penlitian minat anak dalam bermain engklek Kelompok A2 di TKIT Salsabila Al-Muthi’in sangat rendah , langkah-langkah yang bisa digunakan dalam meningkatkan minat anak adalah: (a) Pengenalan media bermain dan belajar engklek melalui pendidikan, (b) Menciptakan serta me-nyediakan sarana bermain yang menyenangkan, (c) Melibatkan kerjasama antara orang tua dan guru, (d) Mengunakan teknologi dengan bijak, dan (e) Mengajarkan kontinuitas dan tradisi. Pada permainan tradisional engklek ini meliki aturan saat bermain sehingga dari aturan tersebut sedikit banyaknya berdampak pada pembiasaan karakter anak, karakter yang dapat ditingkat-kan melalui permainan engklek antara lain: (a) karakter tanggung jawab, (b) karakter tetib, (c) karakter sabar, dan (d) karakter percaya diri. Pengenalan permainan engklek ini mendapatkan antusias penuh dari anak-anak sehingga memudahkan penelitian, upaya peneliti dan guru agar permainan engklek ini dapat bersifat kontinu antara lain menambah media bermain engklek menggunakan banner serta menempatkan permainan engklek ini di sela-sela pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Permainan Engklek, Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:39
Last Modified: 12 Jan 2024 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum