IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL MELALUI MEDIA GAMELAN DI SPS TUNAS BANGSA PAPRINGAN SLEMAN

Ayulina, Venisa Devi, NIM.: 19104030040 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL MELALUI MEDIA GAMELAN DI SPS TUNAS BANGSA PAPRINGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL MELALUI MEDIA GAMELAN DI SPS TUNAS BANGSA PAPRINGAN SLEMAN)
19104030040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL MELALUI MEDIA GAMELAN DI SPS TUNAS BANGSA PAPRINGAN SLEMAN)
19104030040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecanduan dalam bermain gawai pada anak yang menyebabkan anak menjadi cenderung bermain gawai dari pada bermain fisik dan teman sebaya. pembelajaran kearifan lokal, merupakan salah satu pembelajaran yang menjunjung nilai kebudayaan setempat. Pembelajaran kearifan lokal menjadi salah satu media untuk mencapai profil pelajar pancasila sebagai mana yang diamanahkan dalam kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi pembelajaran kearifan lokal di SPS Tunas Bangsa Papringan Sleman, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran kearifan lokal melalui media gamelan di SPS Tunas Bangsa Papringan Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ialah Kepala sekolah, Guru kelompok apel, orangtua siswa SPS Tunas Bangsa Papringan Sleman dengan cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dengan credibility dengan cara triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi pembelajaran kearifan lokal dapat mendukung profil pelajar pancasila yang diamanahkan dalam kurikulum merdeka, pembelajaran kearifan lokal melalui media gamelan menggunakan metode 3N oleh Ki Hadjar Dewantara. Dalam implementasi pembelajaran kearifan lokal terdapat faktor Pendukung yaitu penguasaan materi, persiapan peserta didik, alat musik gamelan, dan semangat anak. Faktor penghambat yaitu guru gamelan dan minat anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Bahtiar Arbi S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Media Gamelan, Perkembangan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:43
Last Modified: 12 Jan 2024 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum