Kartika Nur Cahyanti, NIM.: 19104030055 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA AR RAIHAN (SOTA) DI RA AR RAIHAN TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA AR RAIHAN (SOTA) DI RA AR RAIHAN TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA)
19104030055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA AR RAIHAN (SOTA) DI RA AR RAIHAN TRIRENGGO BANTUL YOGYAKARTA)
19104030055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kesuksesan anak dalam pendidikan tidak hanya tanggung jawab pendidik, tetapi menjadi tanggung jawab orang tua. Pentingnya keselarasan antara apa yang anak pelajari di sekolah dan di rumah sangat membantu perkembangan anak secara menyeluruh. Maka RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta memiliki program unggulan yaitu Sekolah Orang Tua Ar Raihan (SOTA) yang mendukung dalam parenting anak, Sebagai langkah untuk menyesuaikan pendidikan antara lingkungan rumah dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisipkan bagaimana implementasi program Sekolah Orang Tua Ar Raihan (SOTA) di RA Ar Raihan Bantul, serta bagaiman faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi program Sekolah Orang Tua Ar Raihan (SOTA) di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah RA, Direktur SOTA, PJ SOTA, 2 orang tua siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi program Sekolah Orang Tua Ar Raihan (SOTA) dilaksanakan melalui tiga tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pemetaan dengan PPDB. memilih desain kelas, sumber dukungan finansial, menyusun rencana kerja tahuanan. Tahap kedua, sosialisasi, melibatkan orang tua, serta tahap penyelenggaraan. Tahap terakhir, yakni evaluasi program dilakukan setelah terlaksananya wisuda SOTA. (2) faktor pendukung pelaksanaan program Sekolah Orang Tua (SOTA) RA Ar Raihan yaitu, narasumber, tema, motivasi dan kesadaran orang tua, serta pola hubungan yang sehat. Adapun faktor penghambat yakni, kesibukan orang tua untuk dapat mengikuti program, kendala kelas onine, kendala pengurus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Rohinah, S.Pd.I., M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Program Sekolah, Parenting, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 11:02 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 11:02 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62923 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |