PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Burhanul Aqil, NIM.: 19104040056 (2023) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
19104040056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
19104040056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan problem based learning dengan tutor sebaya lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar matematika siswa. Tujuan akhirnya adalah mendapatkan hasil uji pengaruh dari penerapan problem based learning dengan tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA N Insan Cendekia Pekalongan. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2, tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest kemampuan berpikir kritis dan prescale-postscale minat belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-T atau uji Mann-Whitney dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) Penerapan problem based learning dengan tutor sebaya berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA MA N Insan Cendekia Pekalongan TA 2023/2024. 2) Penerapan problem based learning dengan tutor sebaya berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas XI MIPA MA N Insan Cendekia Pekalongan TA 2023/2024

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd,, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Tutor Sebaya, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 13:38
Last Modified: 12 Jan 2024 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum