ANALISIS PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019

Fadhila Ayu Regita Cahyani, NIM.: 19102040096 (2023) ANALISIS PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
19102040096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI PROFESIONAL DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
19102040096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat semakin meningkatnya jumlah jemaah haji setiap tahunnya sehingga dibutuhkan pembimbing manasik haji yang profesional. Oleh karena itu, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2019, jumlah peserta sekitar 100 PNS Kementerian Agama dari tingkat Kantor Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, dan Kantor Urusan Agama Kecamatan/Kapanewon secara selektif. Semua peserta tersebut dinyatakan lulus 100% dan sudah mendapat sertifikat pembimbing manasik haji profesional. Fenomena tersebut menjadi suatu hal yang menggelitik dibenak peneliti bahwa pelatihan sertifikasi dengan jumlah peserta yang cukup banyak tersebut bagaimana penyelenggaraannya, apakah dapat berjalan sesuai dengan ketentuan atau hanya sekedar formalitas dilaksanakan untuk mendapatkan legalitas berupa sertifikat bagi pesertanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019 mulai dari komponen-komponen pelatihan dan tahapan penyelenggaraan pelatihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji profesional Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2019 bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat dikatakan berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut dibuktikan dengan komponen-komponen pelatihan meliputi: tujuan dan sasaran, pelatih/narasumber, materi, peserta, dan panitia penyelenggara telah sesuai dengan ketentuan dan pedoman penyelenggaraan sertifikasi. Selanjutnya penyelenggaraan sertifikasi meliputi: persiapan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan juga telah terlaksana dengan baik. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan, namun semua hambatan yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik hingga kegiatan berakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pelatihan; sertifikasi; manasik Haji
Subjects: Manajemen Dakwah
Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Jan 2024 13:28
Last Modified: 12 Jan 2024 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum