PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER DENGAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI HIDROKARBON

Zulfa Salimah, NIM.: 19104060041 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER DENGAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER DENGAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI HIDROKARBON)
19104060041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER DENGAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) TERMODIFIKASI PADA MATERI HIDROKARBON)
19104060041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Miskonsepsi dalam proses pembelajaran berpotensi mengakibatkan terhambatnya proses belajar peserta didik, khususnya pada materi hidrokarbon yang memerlukan pemahaman konsep dasar yang kuat. Tes diagnostik three-tier dengan Teknik CRI termodifikasi menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya miskonsepsi yang dialami peserta didik pada materi hidrokarbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik three-tier dengan CRI termodifikasi untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi hidrokarbon. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas 5 tahap (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dibatasi hingga tahap development. Produk divalidasi oleh dua dosen ahli asesmen. Sampel yang digunakan untuk uji coba terbatas sebanyak 30 peserta didik dan 91 peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Sleman untuk field test. Penilaian produk dilakukan oleh peserta didik dengan menggunakan lembar angket skala Likert. Hasil uji reliabilitas pada 15 butir soal yang diujikan diperoleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,830 dengan kategori sangat baik. Hasil tes memperoleh 33% peserta didik dengan kategori paham konsep, peserta didik dengan kategori paham konsep namun tidak yakin sebesar 2%, peserta didik dengan kategori miskonsepsi sebesar 51%, dan peserta didik dengan kategori tidak paham konsep sebesar 15%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Tes Diagnostik, CRI Termodifikasi, Hidrokarbon
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Jan 2024 15:05
Last Modified: 15 Jan 2024 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum