Hellua Salsabila Raheka Putri, NIM.: 19104070014 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM REGULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM REGULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104070014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM REGULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104070014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), 2) jumlah siklus yang dibutuhkan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), 3) peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, lembar soal pretest-posttest, dan dokumentasi foto. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari persentase lembar angket setiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 69,90%; siklus II sebesar 68,61%; dan siklus III sebesar 69,11%. Peningkatan hasil belajar biologi siswa dapat dilihat dari rata-rata pretest dan posttest yaitu siklus I sebesar 59,82 dan 82,67; siklus II sebesar 48,70 dan 76,29; serta siklus III sebesar 67,11 dan 81,34 sehingga diperoleh Effect Size I sebesar -0,5 (tidak ada efek) dan Effect Size II sebesar 0,3 (efek sedang). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem regulasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 15:21 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 15:21 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62950 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |