DESAIN APLIKASI ANDROID “SENANG MENGERJAKAN PR” UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGERJAKAN PR MATEMATIKA KELAS V SDM SIROJUDDIN MUNGKID

Chris Setiawan Adi Putra, NIM.: 19104080054 (2023) DESAIN APLIKASI ANDROID “SENANG MENGERJAKAN PR” UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGERJAKAN PR MATEMATIKA KELAS V SDM SIROJUDDIN MUNGKID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN APLIKASI ANDROID “SENANG MENGERJAKAN PR” UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGERJAKAN PR MATEMATIKA KELAS V SDM SIROJUDDIN MUNGKID)
19104080054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DESAIN APLIKASI ANDROID “SENANG MENGERJAKAN PR” UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGERJAKAN PR MATEMATIKA KELAS V SDM SIROJUDDIN MUNGKID)
19104080054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pekerjaan Rumah (PR) menjadi cara guru dalam mengupayakan peningkatan pemahaman terhadap materi yang telah diajarkan di sekolah. Minat mengerjakan PR yang rendah dapat dipengaruhi oleh faktor kelelahan karena jam pelajaran yang padat dan variasi soal PR yang kurang bervariasi. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan di Kelas V SDM Sirojuddin Mungkid, variasi soal di kelas VB dapat dikatakan kurang bervariasi dibandingkan dengan kelas VA dan VC, sehingga setelah dilakukan analisis lebih lanjut di kelas VB masih banyak siswa yang memiliki minat rendah dalam mengerjakan PR Matematika. Siswa yang dalam kategori rendah terdapat 11 siswa, 9 sedang dan 7 tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi android yang digunakan siswa untuk mengerjakan PR Matematika secara menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam mengerjakan PR Matematika. Peneltian ini menggunakan metode R&D. Model yang digunakan adalah model 4D Thiagarajan, adapun tahapannya adalah: Define, Desain, Development, dan Disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Aplikasi android yang telah dibuat dinilai oleh ahli materi dan ahli media, selanjutnya setelah melalui perbaikan dilanjutkan uji coba terbatas kepada siswa kelas VB SDM Sirojuddin Mungkid. Jenis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Dari penelitian yang telah diperoleh, (1) proses dalam pembuatan aplikasi android terdiri dari proses Define, Desain, Development dan Disseminate. (2) Aplikasi android yang dibuat dapat meningkatkan minat siswa dalam mengerjakan PR Matematika kelas V SDM Sirojuddin Mungkid, peningkatan minat dapat diperoleh sebagai berukut: dari perbandingan yang telah dilakukan minat siswa kategori tinggi terdapat 7 siswa, sedang 20 dan rendah 0. Hal tersebut terdapat peningkatan pada kondisi awal yaitu: 7 siswa dengan kategori tinggi, 9 sedang dan 11 siswa dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android, Matematika, Pekerjaan Rumah
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:18
Last Modified: 16 Jan 2024 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum