PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DASAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI TIDAR 7

Fadiya Az Zahra, NIM.: 19104080092 (2023) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DASAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI TIDAR 7. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DASAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI TIDAR 7)
19104080092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DASAR PADA SISWA SLOW LEARNER DI SD NEGERI TIDAR 7)
19104080092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa slow learner membutuhkan perhatian khusus ketika mereka tidak bisa mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa Slow Learner dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA dasar menggunakan model Discovery Learning pada di SD Negeri Tidar 7. Penelitian ini merupakan penelitian metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) yaitu siswa slow learner yang berada di kelas 3 SD Negeri Tidar 7. Pola desain yang digunakan adalah A-B-A’ yaitu baseline-1, intervensi, dan baseline-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pre-test, lembar post-test, dan juga lembar wawancara dengan guru kelas sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Data yang diperoleh adalah analisis deskriptif tentang penggunaan model discovery learning pada siswa slow learner di SD Negeri Tidar 7. Hasil penelitian pada proses pembelajaran yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data pembuktian, dan diakhiri dengan menyimpulkan. Pada kondisi baseline-1 prestasi belajar IPA dasar subjek masih kurang yang ditandai dengan skor yaitu 60. Setelah diberikan intervensi berupa model pembelajaran discovery learning IPA dasar subjek mulai meningkat yang ditandai dengan peningkatan skor menjadi 70. Kemudian pada kondisi baseline-2 prestasi belajar IPA dasar subjek semakin meningkat dan bisa memperbaiki kekurangan pada baseline-1 yang ditandai dengan skor 100. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pemberian intervensi model discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dasar siswa slow learner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala M. Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Prestasi Belajar IPA Dasar, Slow Learner
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:25
Last Modified: 16 Jan 2024 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum