EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBIAYAAN PERUMAHAN BERSUBSIDI BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) PADA PRODUK KPR SYARIAH (Studi Kasus pada Bank BTN Purwokerto Syariah)

Nurul Azizah, NIM.: 19108020076 (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBIAYAAN PERUMAHAN BERSUBSIDI BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) PADA PRODUK KPR SYARIAH (Studi Kasus pada Bank BTN Purwokerto Syariah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBIAYAAN PERUMAHAN BERSUBSIDI BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) PADA PRODUK KPR SYARIAH (Studi Kasus pada Bank BTN Purwokerto Syariah))
19108020076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBIAYAAN PERUMAHAN BERSUBSIDI BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) PADA PRODUK KPR SYARIAH (Studi Kasus pada Bank BTN Purwokerto Syariah))
19108020076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas masalah pemenuhan kebutuhan rumah, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia, yang semakin rumit akibat harga properti yang tinggi dan lahan yang terbatas, terutama di perkotaan. Program Kredit Perumahan Syariah (KPRS) mengalami berbagai masalah, seperti pengunggakan pembayaran, baik yang disebabkan oleh faktor internal bank maupun faktor eksternal seperti kesenjangan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penyaluran KPR Syariah kepada MBR di Kantor Cabang BTN Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah BTN Syariah Purwokerto. Penelitian dilakukan selama 15 hari pada Agustus 2023. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah 60 nasabah yang mengambil KPR subsidi di BTN Syariah Purwokerto, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert, dan data dianalisis menggunakan SPSS 26 serta Transformasi ANN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi oleh BTN Purworejo mencapai nilai total rata-rata sebesar 0,999. Ini mengindikasikan tingkat efektivitas yang sangat tinggi, mendekati 1, dalam penyaluran pembiayaan KPR Syariah bersubsidi. Hal ini menunjukkan bahwa program ini berjalan dengan sangat efektif, dengan tingkat efektivitas sekitar 99,99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Nur Azizah, S.E.I., M.E.I.
Uncontrolled Keywords: BTN, KPR, Transformasi ANN
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jan 2024 12:21
Last Modified: 17 Jan 2024 12:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum