PENGARUH PDB, NERACA PERDAGANGAN DAN UTANG LUAR NEGERI TERHADAP TINGKAT RISIKO GAGAL BAYAR UTANG PEMERINTAH INDONESIA

Ahmad Zulham Hamdan, NIM.: 20108010023 (2023) PENGARUH PDB, NERACA PERDAGANGAN DAN UTANG LUAR NEGERI TERHADAP TINGKAT RISIKO GAGAL BAYAR UTANG PEMERINTAH INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PDB, NERACA PERDAGANGAN DAN UTANG LUAR NEGERI TERHADAP TINGKAT RISIKO GAGAL BAYAR UTANG PEMERINTAH INDONESIA)
20108010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PDB, NERACA PERDAGANGAN DAN UTANG LUAR NEGERI TERHADAP TINGKAT RISIKO GAGAL BAYAR UTANG PEMERINTAH INDONESIA)
20108010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Beberapa negara di dunia melakukan kebijakan defisit anggaran dalam pengelolaan pendapatan dan belanja negaranya. Tidak semua negara di dunia punya pendapatan yang cukup untuk merealisasikan kebutuhan belanja negaranya, ada yang melakukan kebijakan utang dari dalam negeri dan luar negeri. Sejalan dengan negara-negara di dunia, pemerintah Indonesia yakni kementerian keuangan melakukan pendekatan yang sama berupa kebijakan utang dari dalam dan luar negeri. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah tingkat risiko gagal bayar utang pemerintah Indonesia jika dilihat dari sisi PDB, neraca perdagangan dan utang luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh PDB, neraca perdagangan dan utang luar negeri terhadap tingkat risiko gagal bayar utang pemerintah Indonesia. Objek penelitian ini adalah negara Indonesia. Penelitian ini menggunakan data tahun 2001-2022. Jenis data yang dipakai adalah data sekunder. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi logistik ordinal. Hasil pengujian statisktik menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel terikat. Kemudian variabel PDB berpengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat risiko gagal bayar utang pemerintah. Sedangkan neraca perdagangan dan utang luar negeri tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat risiko gagal bayar utang pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Qoyum. S.E.I., M.Sc.FiN.
Uncontrolled Keywords: PDB; neraca perdagangan; utang luar negeri; gagal bayar utang pemerintah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:49
Last Modified: 18 Jan 2024 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum