PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Adelia Ayu Saputri Hidayat, NIM.: 21204021003 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG)
21204021003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG)
21204021003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab dikelas, dikarenakan peserta didik menganggap bahwa bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit dipahami. Permasalahan ini tentu lahir dari beberapa sebab, salah satunya adalah minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Guru sebagai pendidik hanya terpaku pada metode ceramah saja, selain itu media yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih terpaku pada buku pelajaran formal saja, sehingga peserta didik merasakan kurangnya suasana yang menyenangkan, kondusif dan variatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendesain pengembangan media digital maharah qira’ah dan untuk mengetahui efektivitas media digital maharah qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel seluruh peserta didik kelas VIII E MTs Al-Hikmah Bandar Lampung sebanyak 26 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Produk berupa Media Digital Maharah Qira’ah yang telah dikembangkan peneliti dengan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan hasil validasi para ahli terkait dengan kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan meliputi validasi ahli media dengan hasil presentase penilaian sebesar 95%, dan ahli materi dengan hasil presentase penilaian sebesar 91%, keseluruhan hasil presentase penilaian dari para ahli tersebut mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. Sementara pada respon peserta didik mendapatkan presentase penilaian sebesar 88%, dan mendapatkan kategori validasi “Sangat Baik”. 2) Hasil implementasi pre-test dan post-test terhadap media digital maharah qira’ah yang telah dikembangkan peneliti pada peserta didik kelas VIII E berjumlah 26 siswa. Peneliti mendapatkan presentase penilaian pre-test sebesar 59% dan post-test sebesar 85%, dan dengan hasil Sig. (2-tailed) paired sample t-test sebesar 0,000 dimana hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Digital Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Digital, Maharah Qira’ah, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2024 14:52
Last Modified: 17 Jan 2024 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum