PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF ORANG TUA, EFIKASI DIRI, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DOMPU NTB

Junari Yulianti, NIM.: 21204081032 (2023) PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF ORANG TUA, EFIKASI DIRI, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DOMPU NTB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF ORANG TUA, EFIKASI DIRI, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DOMPU NTB)
21204081032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF ORANG TUA, EFIKASI DIRI, DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DOMPU NTB)
21204081032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pola asuh otoritatif, efikasi diri dan kedisiplinan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III madrasah ibtidaiyah dalam belajar. Setiap peserta didik memiliki pola asuh orang tua yang berbeda, kepercayaan diri yang kurang serta peserta didik yang tidak memiliki sikap disiplin terhadap tata tertib dan bersosialisasi dengan baik pada diri peserta didik sendiri maupun pada sekolah. Adanya berbagai hambatan dapat menurunkan dan melemahkan motivasi peserta didik dalam mencapai keberhasilan belajar mereka. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat, variabel bebas yaitu pola asuh otoritatif (X1), efikasi diri (X2) dan kedisiplinan (X3) dan variabel terikat (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas III A dan B di Madrasah Ibtidaiyah As-Salam Dompu. Jumlah responden sebanyak 60 peserta didik. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan pengisian angket. Analisis data menggunakan statistic uji analisis regresi berganda berbantuan Spss versi 29 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan.1) Pola asuh otoritatif berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik madrasah ibtidaiyah kelas III di MI As-Salam Dompu. Hal ini dibuktikan dengan nilai hitung thitung sebesar 3.288 yang lebih besar dari ttabel 2,003. Diperoleh nilai signifikan sebesar 0.002 lebih kecil dari 0,05. 2) Efikasi diri berpengaruh terhadap motivasi belajar kelas III MI As-Salam Dompu NTB. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2.309 yang lebih besar dari ttabel 2,003 dengan nilai signifikan 0.025 lebih kecil dengan taraf signifikan dari 0,05. 3) Kedisiplinan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III MI As-Salam Dompu NTB. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2.302 yang lebih besar dari ttabel 2,003 dengan nilai signifikan sebesar 0.025 lebih kecil dari 0,05.4) Pola asuh otoritatif, efikasi diri dan kedisiplinan sama-sama (simultan) berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Diperoleh dengan nilai signifikan sig. 0.001 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai Fhitung 6.137 yang lebih besar dari Ftabel 2,769. Berdasarkan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh otoritatif (XI), efikasi diri (X2) dan kedisiplinan (X3) berpengaruh positif secara bersama-sama (simultan) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III MI As-Salam Dompu NTB.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman., S.Ag. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoritatif, Efikasi Diri, Kedisiplinan, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan
Pola Asuh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:24
Last Modified: 18 Jan 2024 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum