PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERINDEKS ISSI

Erdin Maulana Tristianto, NIM.: 20108040090 (2023) PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERINDEKS ISSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERINDEKS ISSI)
20108040090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR ENERGI YANG TERINDEKS ISSI)
20108040090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mencari bukti empiris mengenai pengaruh tata kelola perusahaan yang diproksikan dengan ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan kualitas audit terhadap nilai perusahaan melalui manajemen laba sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor energi yang terindeks ISSI dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 hingga 2022. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan data panel, sehingga menghasilkan total 171 unit data sampel terpilih yang akan diolah menggunakan Eviews. Dapat dikatakan bahwa kepemilikan manajerial, kualitas audit, dan manajemen laba semuanya mempunyai pengaruh yang positif dan menguntungkan terhadap nilai perusahaan, namun ukuran dewan komisaris mempunyai pengaruh negatif. Selain itu ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, namun kualitas audit berpengaruh negatif. Manajemen laba sebagai variabel intervening mempengaruhi variabel tata kelola perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Arsyadi Ridha, S.E., M.Sc., AK., CA., ACPA
Uncontrolled Keywords: manajemen laba; nilai perusahaan; sektor energi
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jan 2024 14:04
Last Modified: 18 Jan 2024 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum