ACADEMIC HARDINESS: DINAMIKA KETANGGUHAN AKADEMIK PADA SISWA BERLATAR BELAKANG BROKEN HOME

Aulia Urrohmah, NIM.: 20200011110 (2023) ACADEMIC HARDINESS: DINAMIKA KETANGGUHAN AKADEMIK PADA SISWA BERLATAR BELAKANG BROKEN HOME. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ACADEMIC HARDINESS: DINAMIKA KETANGGUHAN AKADEMIK PADA SISWA BERLATAR BELAKANG BROKEN HOME)
20200011110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ACADEMIC HARDINESS: DINAMIKA KETANGGUHAN AKADEMIK PADA SISWA BERLATAR BELAKANG BROKEN HOME)
20200011110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus broken home yang terjadi dalam keluarga, yang mana hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi psikis anak, termasuk pada saat menjalankan perannya sebagai siswa di lembaga pendidikan. Para siswa tersebut selain dihadapkan pada permasalahan dalam keluarga, juga harus menghadapi berbagai dinamika yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam menghadapi tantangan dan dinamika yang terjadi selama proses pembelajaran, maka keberadaan academic hardiness atau ketangguhan akademik menjadi suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa. Dalam hal ini para siswa yang berasal dari keluarga broken home mempunyai academic hardiness dalam mengikuti proses pembelajaran di SMPN 14 Kota Cilegon Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sample dalam penelitian ini yaitu sebanyak 5 orang siswa SMPN 14 Cilegon yang berasal dari keluarga broken home dan memiliki indikasi telah menerapkan academic hardiness dalam belajar. Penentuan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik academic hardiness pada siswa dengan latar belakang keluarga broken home direfleksikan melalui 3 aspek, yaitu control, commitment dan challenge. Aspek control dilakukan melalui manajemen waktu, ketekunan dalam belajar, menghargai setiap usaha yang dilakukan, dan membangun kepercayaan diri. Aspek commitment dilakukan melalui giat belajar, membangun harapan, mengatur waktu dalam belajar, membangun penerimaan diri terhadap hasil belajar, dan menyusun strategi belajar yang tepat. Aspek challenge dilakukan dengan membuat penyelesaian masalah belajar, menikmati proses belajar yang dilalui, meningkatkan motivasi belajar, dan membangun hubungan sosial yang baik. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya academic hardiness pada siswa dengan latar belakang keluarga broken home yaitu motivasi diri, kepercayaan diri, harapan, dan dukungan sosial dari keluarga dan lingkungan sekolah. Fungsi academic hardiness pada siswa dengan latar belakang keluarga broken home yakni mengurangi resiko stress dan burnout, menumbuhkan kepercayaan diri dan membantu siswa dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ro’fah, M.A, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Academic Hardines, Broken home, Ketangguhan Akademik
Subjects: Masalah Sosial
Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Jan 2024 14:46
Last Modified: 18 Jan 2024 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum