BIMBINGAN ONLINE PRANIKAH DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF: STUDI KASUS TERHADAP KELAS PRANIKAH SALAFI DEENACADEM

Nurdiana Saputri, NIM.: 21200011001 (2023) BIMBINGAN ONLINE PRANIKAH DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF: STUDI KASUS TERHADAP KELAS PRANIKAH SALAFI DEENACADEM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ONLINE PRANIKAH DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF: STUDI KASUS TERHADAP KELAS PRANIKAH SALAFI DEENACADEM)
21200011001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ONLINE PRANIKAH DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF: STUDI KASUS TERHADAP KELAS PRANIKAH SALAFI DEENACADEM)
21200011001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sudah menjadi hal wajar bahwa kehidupan berumah tangga memiliki masalah yang kompleks. Tidak jarang permasalahan tersebut menimbulkan perceraian. Maka dari itu, banyak upaya preventif yang dilakukan baik pemerintah, kelompok tertentu maupun individu dalam menghadapi ketidakstabilan berumah tangga. Salah satu upaya preventif yaitu dengan adanya bimbingan pranikah. Melihat perkembangan teknologi, bimbingan pranikah saat ini tidak hanya dilakukan secara offline namun dapat dilakukan secara online. Meskipun keterbatasan interaksi tatap muka pada bimbingan online pranikah menjadi tantangan kedekatan emosional, minat terhadap bimbingan pranikah online tidak sedikit. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya peserta bimbingan online pranikah Deenacademy. Penelitian ini kemudian mencoba untuk mendeskripsikan serta menjelaskan bagaimana Deenacademy melakukan bimbingan online pranikah yang didasari oleh paham keagamaan tertentu yaitu salafi. Untuk mengetahui bagaimana para audiens memaknai praktik bimbingan kelas pranikah Deenacademy. Kemudian, sejauh mana praktik bimbingan kelas pranikah Deenacademy memenuhi kebutuhan kognitif dan psikologis para audiens. Argumentasi awal peneliti melihat bahwa Deenacademy tidak sekedar memenuhi kebutuhan kognitif para peserta, tetapi juga mengambil peran lebih dalam memenuhi kesejahteraan psikologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data diperoleh dengan; pertama melalui wawancara terhadap 15 orang informan yang terbagi ke dalam empat kelompok. Kedua observasi partisipasi terhadap proses bimbingan dan kelas pranikah yang diselenggarakan oleh lembaga Deenacademy. Penelitian ini dilakukan di lembaga Deenacademy yang berpusat di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah; 1) Bimbingan pranikah yang dilakukan oleh lembaga Deenacademy diberikan melalui kelas pranikah yang berbasis online. Setiap materi yang disampaikan didasarkan pada paham keagamaan salafi. 2) Peserta kelas pranikah Deenacademy memberikan pemaknaan bahwa kelas yang diberikan tidak sekedar merupakan transfer keilmuan, namun lebih dari itu kelas tersebut justru menciptakan transformasi kesalehan beragama mereka, yang dapat dilihat melalui praktik keagamaan yang dilakukan. 3) Kelas pranikah Deenacademy juga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi para pesertanya untuk bergabung dan berpartisipasi aktif, menciptakan suasana yang ramah dengan adanya kedekatan emosional melalui sharing pengalaman, sehingga dapat memenuhi kesejahteraan subjektif peserta. Tesis ini berkesimpulan bahwa praktik bimbingan online pranikah Deenacademy mampu memberikan landasan yang kuat bagi para pesertanya untuk dapat menentukan pilihan sesuai dengan nilai-nilai keagamaan yang diyakini selaras dengan paham salaf al saleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sunarwoto, S.Ag, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah Online, Salafi, Deenacademy, Kesejahteraan Subjektif.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2024 09:13
Last Modified: 19 Jan 2024 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63077

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum