PENANAMAN NILAI PIIL PESENGGIRI ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BUDAYA DAN SOSIAL ULUN LAMPUNG

Ika Aulia, NIM.: 21200012005 (2023) PENANAMAN NILAI PIIL PESENGGIRI ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BUDAYA DAN SOSIAL ULUN LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI PIIL PESENGGIRI ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BUDAYA DAN SOSIAL ULUN LAMPUNG)
21200012005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI PIIL PESENGGIRI ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BUDAYA DAN SOSIAL ULUN LAMPUNG)
21200012005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi tantangan marginalisasi, komunitas Ulun Lampung telah mengambil langkah untuk menjaga keberlanjutan identitas budayanya, salah satunya adalah melalui proses pewarisan budaya, yang disebut juga sebagai transmisi budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana nilai-nilai Piil Pesenggiri ditanamkan sebagai bentuk dukungan dalam pembentukan identitas budaya dan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, yang melibatkan tiga tokoh adat, lima tokoh masyarakat, dan tiga keluarga suku asli Lampung sebagai informan. Untuk mengumpulkan data, digunakan tiga pendekatan: (1) wawancara untuk menggali secara mendalam pemahaman informan mengenai penanaman dan pewarisan nilai Piil Pesenggiri; (2) observasi untuk mengamati penerapan Piil Pesenggiri dalam kehidupan sehari-hari; (3) dokumentasi untuk melengkapi data dengan mengumpulkan informasi dari dokumen terkait. Data yang terkumpul dianalisis dalam tiga langkah: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode, yaitu membandingkan data dari hasil observasi dan wawancara, membandingkan perspektif dan pandangan berbagai informan, serta membandingkan hasil wawancara dengan dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan proses penanaman nilai Piil Pesenggiri dari orang tua kepada anak dilakukan dalam bentuk enkulturasi dan sosialisasi. penanaman tersebut tampak dari praktek pengasuhan serta substansi yang berisi cara berperilaku sesuai ketentuan adat serta penerapan unsur Piil Pesenggiri. Proses penanaman tersebut dapat memberikan dukungan dalam pembentukan identitas budaya dan sosial yang secara khas dimiliki oleh Ulun Lampung, seperti rasa hormat yang tinggi terhadap adat serta sikap yang tegas dan berani. Selain keluarga yang merupakan suatu unit terdekat bagi seorang anak, maka penanaman yang dilakukan oleh lingkungan juga berperan dalam proses pembentukan identitas pada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aziz Muslim, M.
Uncontrolled Keywords: Nilai Piil Pesenggiri, Identitas Budaya, Identitas Sosial
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi Budaya
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jan 2024 09:13
Last Modified: 19 Jan 2024 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum